Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu

25 November 2021 13:15
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35311)
searchPerbesar
Politikus PDIP, Arteria Dahlan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sosok Politikus PDIP Arteria Dahlan kembali menjadi sorotan. Anggota Komisi III DPR tersebut terlibat cekcok dengan seorang perempuan mengaku anak jenderal, kemudian menjadi istri jenderal, dan terakhir diklaim sebagai sepupu jenderal. Perempuan itu sendiri belakangan diketahui bernama Anggiat Pasaribu.
ADVERTISEMENT
Insiden tersebut juga melibatkan ibu Arteria di Bandara Soekarno-Hatta. Tak sampai di situ, keduanya bahkan saling lapor ke Polresta Bandara Soekarno Hatta.
“Yang dilaporkan Pasal 315 KUHP," kata Kasubaghumas Polresta Bandara Soetta AKP Prayoga saat dihubungi, Senin (22/11).
Lalu bagaimana sebenarnya awal kasus tersebut?
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35312)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu memberikan keterangan pers seusai menjalani pemeriksaan di Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/11/2021). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Berikut ini kronologi kasus cekcok Arteria dan Anggiat Pasaribu:
Minggu 21 November
Rekan kerja Arteria di Komisi III yakni Politikus NasDem Ahmad Sahroni mengunggah video di media sosial yang menampilkan Arteria dan ibunya terlibat cekcok dengan seorang perempuan di Bandara Soekarno Hatta.
Senin 22 November
Video yang diunggah Sahroni beredar luas. Dalam video itu, perempuan tersebut mengaku anggota keluarga jenderal bintang 3 TNI AD. Akan tetapi, ia tak menyebut identitas jenderal saat ditanyai Arteria.
ADVERTISEMENT
Kepada wartawan, Arteria menjelaskan soal insiden itu. Ia mengatakan sejak di dalam pesawat dalam penerbangannya dari Bali, perempuan tersebut sudah menunjukkan arogansi.
Kasus tersebut ternyata berlanjut ke Polresta Bandara Soekarno Hatta. Keduanya saling lapor. Laporannya terkait dugaan penghinaan.
Polres Bandara Soetta memastikan Arteria dan Anggiat sudah resmi melaporkan kejadian itu. Mereka sama-sama menggunakan Pasal 315 KUHP tentang Penghinaan dengan Sengaja.
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi lalu menyampaikan sempat ditelepon oleh wanita itu, yang disebutnya sebagai istri jenderal. Dia belum menjelaskan detail duduk perkaranya. Dia hanya menyebut langsung coba menengahi masalah ini dengan Arteria Dahlan yang notabene sesama politikus PDIP.
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35313)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu (kanan) usai memberikan keterangan pers seusai menjalani pemeriksaan di Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/11/2021). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Selasa 23 November
Tak hanya Anggiat dan Arteria yang jadi perhatian. Sosok lelaki berkacamata dan jaket hitam di video juga menarik perhatian. Siapa dia?
ADVERTISEMENT
Wakil Ketua DPR DKI Prasetyo Edi akhirnya buka suara dan menyampaikan orang yang meneleponnya merupakan Brigjen Moch Zamroni. Mantan Dandim 0501/Jakarta Pusat. Dia tak lain merupakan pria yang ada di video itu.
Kepada Prasetyo, Zamroni meminta diinisiasi untuk bertemu dengan Arteria Dahlan. Sebab, istrinya baru saja cekcok di Bandara.
Prasetyo menyanggupi itu dan menelepon Arteria. Tapi, anggota Komisi III DPR itu menuding Prasetyo sebagai beking Zamroni.
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35314)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu, wanita yang berseteru dengan ibu dari Arteria Dahlan, di Polresta Bandara Soetta, Rabu (24/11). Foto: Nadine Azura/kumparan
"Ada apa? Kok tumben telepon gua? Saya bilang gitu. 'Mas tolong dong mediasi saya dengan Arteria Dahlan.' Gitu aja omongannya. 'Masalah apa? Yah mungkin ada senggolan di atas pesawat dengan istri saya.' Terus apa maunya? 'Mau minta maaf kita, saya mau minta maaf.' Sampailah seperti itu," tutur Prasetyo.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Dia bilang istri saya mau minta maaf soal ibu [Arteria]," ucap Prasetyo.
Polresta Bandara hari itu mengumumkan akan memeriksa Arteria pada Rabu (24/11). Sedangkan Anggiat akan diperiksa pada Kamis (25/11).
Rabu 24 November
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35315)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu (tengah) memberikan keterangan pers seusai menjalani pemeriksaan di Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/11/2021). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Polresta Bandara Soetta akhirnya mengungkap identitas perempuan yang mengaku anak jenderal. Ternyata namanya yakni Anggiat Pasaribu.
Politikus PPP Hasan Lubis kepada wartawan mengaku saudara dekat Anggiat. Dia lalu menjelaskan masalah tersebut dan mengklarifikasi bahwa Anggiat bukanlah istri Brigjen Zamroni melainkan istri Lettu Bayu.
Hubungannya dengan Brigjen Zamroni hanya sebatas sepupu, bukan istri seperti yang diungkap Prasetyo Edi.
Pukul 14.00 WIB
Mobil berpelat nomor TNI tiba di Polres Bandara Soetta. Nomor polisinya 1-X lengkap dengan 2 bintang di atasnya. Belakangan baru diketahui yang datang, yakni Danpuspom TNI Laksamana Muda Nazil Lempo.
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35316)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu tiba-tiba jatuh ketika sedang diwawancara awak media di Polresta Bandara Soetta, Rabu (24/11). Foto: Nadine Azura/kumparan
Pukul 17.16 WIB
ADVERTISEMENT
Anggiat tiba-tiba muncul di Polresta Bandara Soetta. Kepada wartawan, Dia menyampaikan permohonan maaf terkhusus pada Arteria dan ibunya.
Di hadapan wartawan, Dia juga menyatakan telah mencabut laporannya. Sementara pengacaranya, Clanse Pakpahan mengeklaim akan bertemu Arteria hari Kamis (25/11). Namun, hingga saat ini belum ada jawaban resmi dari Arteria.
Pengacara juga menyampaikan duduk perkara cekcok itu bermula. Anggiat saat itu sakit giginya sedang kambuh dan kebelet buang air kecil.
Kronologi Lengkap Cekcok Arteria Dahlan dan Anggiat Pasaribu (35317)
searchPerbesar
Anggiat Pasaribu bersama kuasa hukumnya, Clanse Pakpahan, di Polresta Bandara Soetta, Rabu (24/11). Foto: Nadine Azura/kumparan
Saat sedang terburu-buru, jalannya terhalang barang-barang milik Ibunda Arteria Dahlan dan tersenggol. Dari situlah cekcok berawal sampai ke ruang ambil barang dan keluar bandara.
Setelah berbicara panjang lebar, Anggiat juga sempat pingsan di Mapolresta Bandara Soetta.
Kamis 25 November
Rencananya akan ada pertemuan antara Anggiat dan Arteria sore ini terkait perdamaian. Namun belum bisa dipastikan kapan pertemuan dilakukan.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga dari kasus ini, muncul teka teki soal hubungan Anggiat dan Brigjen Zamroni. Publik bertanya-tanya.
Walau sebenarnya pengacara Anggiat, Clanse Pakpahan, menegaskan dia sepupu Zamroni, tetapi ucapan awal Ketua DPRD DKI Prasetyo menyebut sebagai istri tentu bikin publik bingung. Istri atau sepupu?
Clanse Pakpahan sempat menyebut suami Anggiat yakni Lettu Bayu, tetapi sepanjang video yang diunggah anggota DPR Sahroni saat insiden di Bandara, tak ada sosok pria lain yang dekat dengan Anggiat, hanya Zamroni saja.
Kemudian juga saat naik mobil Pajero Sport berpelat TNI, Anggiat dan Zamroni duduk di tengah. Lalu di mana Lettu Bayu?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020