News
·
9 September 2020 14:56

kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020 (304412)
Women on Top dan Home of Premier League Foto: kumparan
kumparan sebagai platform media kolaboratif terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi para pembacanya. Keterikatan atau engagement dengan para pembaca adalah urat nadi kumparan.
ADVERTISEMENT
Segala inovasi yang diberikan kepada para pembaca ini akhirnya menorehkan prestasi bagi kumparan. Media yang belum genap berusia 4 tahun ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang Asian Digital Media Awards 2020 yang diadakan World of Association of Newspaper and News Publisher (WAN-IFRA).
Dalam ajang ini, sebenarnya kumparan pernah mendapat penghargaan kategori Best Digital News Startup di 2019.
kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020 (304413)
Home of Premier League. Foto: kumparan
Dari sederet penghargaan yang diumumkan, tak hanya satu, kumparan berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Pertama, Special Award untuk kategori Best Marketing Campaign for News Brand berkat kumparanWOMAN. Kedua, Special Award di kategori Best in Audience Engagement atas program Home of Premiere League oleh kumparanBOLA.
Dua Special Award itu tentu berkat kerja keras tim kumparanWOMAN dan kumparanBOLA dalam memberikan yang terbaik bagi para pembaca dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
kumparanWOMAN dibuat sebagai bagian dari kampanye untuk memberdayakan perempuan Indonesia lebih lanjut melalui konten maupun keterlibatan kaum perempuan dalam pembahasan suatu isu.
kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020 (304414)
Hannah Al Rashid untuk program Women on Top kumparanWOMAN. Foto: Alan Mahirma Lars
Tentu saja hal ini sesuai dengan 4 nilai utama yang dikembangkan kumparanWOMAN, yakni empowerment, smart, inspirative and impactful, serta influential, optimistic, genuine, helpful, and respect.
kumparanWOMAN telah membuat berbagai program yang memiliki 4 nilai tersebut. Pada 2019, setidaknya ada enam program yang diluncurkan kumparanWOMAN, seperti She Inspires Me, Role Model, forum diskusi Women to Women, My Mom Inspiration, Women on Top, dan She Move.
Program-program itu mengangkat seputar isu dan kisah inspiratif yang bisa menjadi contoh sesama perempuan Indonesia. Mulai dari mengejar cita-cita, passion, hingga panduan gaya hidup.
ADVERTISEMENT
Tak hanya tokoh maupun publik figur perempuan, kumparanWOMAN juga selalu melibatkan seluruh perempuan untuk turut andil dalam berbagai program engagement yang dilakukan. Seperti, kumparan Community WhatsApp Group, giveaway, Me & Mom Photo Challenge, Photo Exhibition, dll.
Berbagai program kumparanWOMAN ini telah menarik perhatian jutaan pembaca. Program Woman on Top berhasil mendapatkan 1,2 juta pembaca, She Inspires Me 6 juta pembaca, Role Model 600 ribu pembaca, My Mom My Inspiration 200 ribu pembaca, dan forum diskusi Women to Women dengan 2.000 peserta.
kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020 (304415)
My Mom, My Inspiration (SQUARE) Foto: Dimas Prahara/kumparan
Sementara itu, program Home of Premiere League yang dijalankan kumparanBOLA bertujuan sebagai wadah bagi para fans EPL di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak.
Tak hanya sekadar memberi konten hasil pertandingan Premiere League, program ini juga berupaya menarik engagement para fans berbagai klub sepak bola. Biasanya para fans EPL akan membicarakan hasil pertandingan maupun performa suatu klub secara offline, namun melalui program Home of Premiere League, para fans dapat membicarakannya secara daring.
ADVERTISEMENT
Cara yang dikembangkan adalah mengundang para fans EPL Indonesia untuk bergabung menjadi member di aplikasi kumparan, hingga terjadilah suatu hubungan komunitas yang atraktif. Cara ini juga membutuhkan peran dari media sosial.
Program Home of Premiere League memberikan berbagai keuntungan bagi para member, mulai dari konten dan visual yang menarik dalam berbagai konsep dan format, notifikasi konten terbaru, fanbase WhatsApp Group, giveaway bulanan hingga grand prize tiket gratis menonton EPL secara langsung.
kumparan Raih 2 Penghargaan Khusus di Asian Digital Media Awards 2020 (304416)
Pemain Liverpool Fabinho merayakan usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada pertandingan Premiere League 2019/20, Rabu (24/6). Foto: Shaun Botterill/Pool via REUTERS
Fanbase WhatsApp Group menjadi salah satu perhatian yang utama dalam program ini. Berbagai kegiatan dilakukan dalam komunitas online ini, mulai dari update harian konten Premiere League, diskusi bersama jurnalis kumparanBOLA dan para ahli, hingga giveaway.
Hasilnya, sejak November 2019 hingga April 2020, sudah ada 15 juta audiens dan member dalam program ini, dengan rata-rata sekitar 1.000 komentar pada setiap konten dan 11.226 peserta giveaway.
ADVERTISEMENT
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona