kumparan
search-gray
News27 Juli 2017 20:28

Limbah Plastik Dunia Akan Bertambah 4 Kali Lipat

Konten Redaksi kumparan
Limbah Plastik Dunia Akan Bertambah 4 Kali Lipat (71364)
Limbah plastik. (Foto: Wikimedia Commons)
Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 19 Juli 2017 di jurnal Science Advances memaparkan, dalam waktu sekitar 30 tahun ke depan jumlah limbah plastik dunia akan meningkat empat kali lipat.
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian ini, Roland Geyer dari University of California bersama para koleganya berupaya membuat estimasi atau perkiraan jumlah limbah plastik di dunia selama beberapa tahun ke depan. Caranya, Geyer telah lebih dulu mengumpulkan data produksi plastik dunia pada tahun 1950 hingga tahun 2015.
Sedikit menilik ke sejarah, plastik sintesis sebenarnya telah muncul sejak awal abad ke-20. Namun saat itu plastik hampir tak pernah digunakan di luar urusan militer.
Praktik produksi dan penggunaan plastik secara massal dan luas baru terjadi setelah Perang Dunia II, yakni pada tahun 1950-an.
Para peneliti menyebut ada sekitar 8,3 miliar ton plastik telah diproduksi dalam kurun waktu 1950-2015. Pada selang waktu tersebut, telah dihasilkan sebanyak 6,3 miliar ton limbah plastik dunia.
Limbah Plastik Dunia Akan Bertambah 4 Kali Lipat (71365)
Limbah plastik. (Foto: Flickr)
Dari jumlah miliaran ton limbah plastik, hanya 9 persen atau sekitar 0,6 ton yang didaur ulang. Dan dari 0,6 ton yang didaur ulang, hanya 10 persen di antaranya yang didaur ulang lebih dari sekali.
ADVERTISEMENT
Sementar sebanyak 0,8 miliar ton atau sekitar 12 persen dari total limbah plastik yang dihasilkan tadi dibakar. Mayoritasnya, sebanyak 4,9 miliar ton atau sekitar 79 persen dari total limbah plastik tadi dibuang begitu saja.
Menurut data penelitian, 4,9 miliar ton limbah plastik itu dicampakkan begitu saja di tempat-tempah pembuangan bersama jenis limbah lainnya ataupun berserakan di sembarang tempat sebagai sampah dan polutan yang mencemari lingkungan sekitar.
Berdasarkan tren grafik jumlah limbah plastik dunia dari tahun ke tahun, para peneliti pun akhirnya membuat prediksi. Pada 2050 nanti, jumlah limbah plastik dunia diperkirakan mencapai 26 miliar ton atau sekitar empat kali lipat lebih besar dari jumlah saat ini.
Limbah Plastik Dunia Akan Bertambah 4 Kali Lipat (71366)
Grafik jumlah limbah plastik dunia. (Foto: advances.sciencemag.org)
Karena plastik tak dapat terurai dengan mudah, pada akhir abad ini kemungkinan besar akan ada puluhan miliar ton plastik di planet Bumi. Mengutip Science Magazine, miliaran tahun dari sekarang, jauh setelah spesies manusia telah punah, yang tersisa dari peradaban manusia barangkali hanyalah wadah plastik murahan yang kita buat.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurutmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white