Live Corona Update: Omicron dan Ancaman Gelombang Ketiga

30 Desember 2021 16:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia semakin terancam dengan keberadaan varian baru COVID-19 yang cepat menular, Omicron. Hingga saat ini sudah ada 68 kasus yang ditemukan di Indonesia, bahkan di antaranya adalah kasus transmisi lokal.
ADVERTISEMENT
Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sebelumnya mengungkap data-data corona Omicron di Afrika Selatan (Afsel) yang harus dipelajari di Indonesia. Meski data ini menunjukkan risiko RS pada Omicron jauh lebih rendah dari Delta dan Beta, ada potensi peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia akan serupa dengan gelombang Delta pada Juni-Juli lalu.
"Kasus harian bisa lebih tinggi dari Delta dengan waktu menuju puncak lebih cepat yakni 32 hari, kalau Delta 60 hari. Ini juga artinya varian memiliki penularan tinggi dan risiko sakit rendah," kata Nadia dalam keterangannya dikutip Kamis (30/12).
"Tapi kita harus waspada karena situasi berubah lebih cepat. Upaya mitigasi, pencegahan, dan prokes harus ditingkatkan termasuk pengurangan mobilitas. Kita tetap waspada karena kebutuhan rumah sakit dan kematian masih bisa terjadi," tambah dia.
ADVERTISEMENT
Live Corona Update 31 Desember 2021. Foto: kumparan
Di sisi lain, potensi lonjakan COVID-19 juga meningkat memasuki libur Natal dan Tahun Baru. Data terakhir yang diterima kumparan dari Dirjen Imigrasi, per 1-16 Desember 2021, sudah puluhan ribu WNI maupun WNA yang keluar masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.
Lantas, bagaimana seberapa bahaya potensi varian Omicron dalam meningkatkan lonjakan kasus COVID-19. Akankah Indonesia dilanda gelombang ketiga akibat Omicron yang datang bersamaan dengan libur Nataru?
Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, kumparan akan membahasnya bersama Epidemiolog Unair Windhu Purnomo.
Saksikan Live Corona Update bertajuk 'Omicron dan Ancaman Gelombang Ketiga’ yang akan tayang pada Jumat (31/12) pukul 15.00 WIB di Youtube kumparan.
Untuk memudahkan menyaksikan live streaming, kamu bisa menyimpan artikel ini dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalender melalui Google Calendar atau iCal.
ADVERTISEMENT