Live Corona Update: Omicron Menyebar, WNI Tetap Pelesiran ke Luar Negeri

23 Desember 2021 16:04
·
waktu baca 2 menit
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Indonesia telah mendeteksi total 8 kasus varian Omicron yang dibawa dari pelaku perjalanan luar negeri. Seluruh kasus tersebut dideteksi saat berada pada karantina sehingga belum menyebar di masyarakat.
Walau berhasil dihalau melalui karantina, namun pemerintah mengimbau agar masyarakat khususnya WNI agar tetap menghabiskan m0men liburan Natal yang sebentar lagi tiba ini di dalam negeri saja.
Pemerintah berdalih kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia jauh lebih terkendali dibanding dengan sejumlah negara khususnya di kawasan Eropa dan Amerika yang kini tengah mengalami lonjakan kasus akibat Omicron.
Namun imbauan tersebut tak dapat sepenuhnya dihindari lantaran jumlah WNI yang berpelesiran ke luar negeri jelang libur Natal dan Tahun Baru ini dikabarkan meningkat.
Live Corona Update: Omicron Menyebar, WNI Tetap Pelesiran ke Luar Negeri, 24 Desember 2021. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Live Corona Update: Omicron Menyebar, WNI Tetap Pelesiran ke Luar Negeri, 24 Desember 2021. Foto: kumparan
Data terakhir yang diterima kumparan dari Dirjen Imigrasi, per 1-16 Desember 2021, sudah puluhan ribu WNI maupun WNA yang keluar masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.
Untuk WNI, tercatat kedatangan sebanyak 40.557 dan keberangkatan sebanyak 37.214 sehingga total perlintasan WNI yaitu 77.771. Jumlah WNA yang datang juga tak kalah banyak yakni 13.931. Sementara untuk keberangkatan sebanyak 14.421 dan total perlintasan WNA menjadi 28.352.
Lantas, seperti apa kondisi yang sebenarnya terjadi di pintu-pintu perbatasan Indonesia? Benarkah semakin banyak pelaku perjalanan internasional yang keluar masuk Tanah Air? Seperti apa pula pengetatannya di tengah maraknya varian Omicron?
Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, kumparan akan membahasnya bersama Kabag Humas & Umum Dirjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara.
Saksikan Live Corona Update bertajuk 'Omicron Menyebar, WNI Tetap Pelesiran ke Luar Negeri' yang akan tayang pada Jumat (23/12) pukul 15.00 WIB.
Untuk memudahkan menyaksikan live streaming, kamu bisa menyimpan artikel ini dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalender melalui Google Calendar atau iCal.