News
·
20 Januari 2021 20:46

Live: Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden ke-46 AS

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris dilantik Rabu (20/1). Proses ini menjadi tanda pergantian presiden di negara Paman Sam.
ADVERTISEMENT
Ada yang berbeda pada pelantikan presiden AS kali ini. Peserta yang hadir dibatasi untuk mencegah penularan virus corona.
The Washington Post memperkirakan hanya sekitar 200 orang yang bakal menghadiri pelantikan Biden. Mereka termasuk tamu VIP, keluarga presiden-wapres terpilih, pimpinan kongres, dan sejumlah diplomat.
Selain itu, pengamanan super ketat diberlakukan. Sebanyak 25 ribu anggota Garda Nasional didatangkan ke Washington. Mereka semua menjalani proses pemeriksaan dari FBI untuk memastikan tidak ada serangan dari orang dalam saat pelantikan berlangsung.
Donald Trump sebagai calon petahana pada gelaran Pilpres AS kali ini dikabarkan tidak akan menghadiri pelantikan Biden. Adapun, Mike Pence, wakil presiden di pemerintahan Trump akan hadir.
Seperti apa proses inaugurasi Joe Biden sebagai Presiden AS? Saksikan dalam siaran langsung VOA di kumparan pukul 23.00 WIB.
Live: Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden ke-46 AS  (266690)
Joe Biden dan Kamala Harris menyapa pendukung saat akan menyampaikan Pidato kemenangan di Pemilu AS 2020 di di Wilmington, Delaware, pada 7 November 2020. Foto: Jim Bourg/REUTERS