News
·
3 September 2020 21:25

Live To The Point: RHT, Suplemen Bisa Tangkal Corona?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Masih ingat Rhea Health Tone (RHT)? Ya, suplemen corona yang diinisiasi oleh mantan Mendes Eko Putro Sandjojo dan eks Menkominfo Rudiantara.
ADVERTISEMENT
Suplemen ini telah digunakan di Armenia, negara pertama yang memberikan surat semacam rekomendasi atau anjuran bahwa RHT bisa dijadikan terapi penyembuhan pasien COVID-19.
Saat ini RHT sudah mendapat izin edar dari BPOM. Ia terdaftar sebagai suplemen dengan nomor registrasi 204633151.
Live To The Point: RHT, Suplemen Bisa Tangkal Corona? (86565)
To The Point- Eko Putro Sandjojo Foto: kumparan
Eko Putro Sandjojo mengatakan, saat ini RHT masih dalam tahapan sejumlah uji klinis II agar statusnya naik tingkat menjadi obat corona.
"Banyak orang yang mengkonsumsi Rhea HTO dan terbantu percepatan penyembuhan terhadap Covid-19. Namun itu sifatnya hanya testimoni dan bukan merupakan hasil clinical trial," kata Eko melalui pesan singkat, Kamis (20/8).
"Jadi kami belum boleh klaim apa pun sampai ada hasil clinical trial nya. Clinical trial dilakukan agar secara bertahap statusnya dapat ditingkatkan," sambungnya.
Live To The Point: RHT, Suplemen Bisa Tangkal Corona? (86566)
Suplemen Rhea Health Tone. Foto: Dok. Eko Sandjojo
Saat ini RHT memasuki uji klinis tahap II. Artinya diberikan ke pasien dalam jumlah terbatas.
ADVERTISEMENT
Namun, konsumsi suplemen pada seseorang sejatinya perlu pertimbangan dan anjuran dari dokter. drh. Retno Murwanti, selaku dosen di Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, menekankan bahwa suplemen harus dikonsumsi ketika tubuh membutuhkannya.
"Jika diperlukan, bacalah label kemasan terlebih dahulu untuk mengetahui bahan yang terkandung, jumlah konten, dan bahan tambahan lainnya," jelasnya dilansir dari situs UGM.
Live To The Point: RHT, Suplemen Bisa Tangkal Corona? (86567)
Rhea Health Tone Oil. Foto: Dok. Istimewa
Masih banyak pertanyaan terkait penggunaan RHT sebagai suplemen corona. Apalagi ia sudah dijual di toko online. Apakah ini aman? Berapa banyak yang harus diminum sehari? Seperti apa efek sampingnya?
Semuanya bisa terjawab, besok, Jumat (4/9), pukul 14.10 WIB dalam program To The Point kumparan.
Untuk memudahkan kamu menyaksikan live streaming To The Point, kamu bisa menyimpan artikel dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalender Anda melalui Google Calendar atau iCal.
ADVERTISEMENT