News
·
23 Oktober 2020 15:33

MA Singapura Perintahkan Investigasi 2 Jaksa yang Tangani Kasus WNI Parti Liyani

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MA Singapura Perintahkan Investigasi 2 Jaksa yang Tangani Kasus WNI Parti Liyani (68530)
searchPerbesar
Parti Liyani bersama pengacaranya. Foto: Grace Baey/HOME
Ketua MA Singapura Sundaresh Menon pada Jumat (23/10) mengizinkan investigasi terhadap dua jaksa penuntut umum yang menangani kasus WNI Parti Liyani.
ADVERTISEMENT
Parti merupakan asisten rumah tangga yang dituduh mencuri di rumah eks bos Changi Airport, Liew Mun Leong. Sempat dinyatakan bersalah, saat ini seluruh dakwaan terhadap Parti sudah dibatalkan.
Menurut keterangan Pengadilan Singapura, kedua jaksa penuntut diselidiki atas dugaan motif tidak tepat saat meningkatkan tuduhan terhadap Parti.
MA Singapura Perintahkan Investigasi 2 Jaksa yang Tangani Kasus WNI Parti Liyani (68531)
searchPerbesar
Chairman Changi Airport Group Liew Mung Leong yang mundur terkait kasus WNI Parti Liyani di Singapura. Foto: Mike Clarke/AFP
Investigasi dimulai saat Parti melaporkan kedua jaksa terkait cara mereka mengarahkan barang bukti dan pembuatan pengajuan khusus saat menangani kasusnya.
"Pertimbangan utama dalam kasus ini adalah kebutuhan menegakkan administrasi peradilan yang tepat demi menjaga integritas layanan publik," kata Sundaresh.

Kasus Parti vs Liew mendapat sorotan tajam di Singapura. Karena tuduhan mencuri, Parti lalu dihukum 26 bulan penjara. Lantaran yakin tidak bersalah, Parti berjuang mencari keadilan.

ADVERTISEMENT
Perjuangan wanita asal Nganjuk, Jatim, itu mendapat bantuan dari berbagai LSM dan pengacara pro bono. Setelah mengajukan banding atas hukuman penjara, pengadilan menyatakan Parti tidak bersalah.
Setelah Parti diputuskan bebas, tekanan publik yang begitu besar mengarah ke Liew. Liew akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari pucuk pimpinan Changi Group.