kumparan
search-gray
News10 Desember 2019 20:05

Mahfud MD: Zaman Orde Baru Banyak Kejahatan HAM, Kini Sisa 12 Kasus

Konten Redaksi kumparan
Mahfud MD: Zaman Orde Baru Banyak Kejahatan HAM, Kini Sisa 12 Kasus (433779)
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Menko Polhukam, Mahfud MD, mengklaim kejahatan atau pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) sejak masa reformasi semakin menurun. Menurut Mahfud, kejahatan HAM, khususnya yang dilakukan pemerintah terhadap rakyat, banyak terjadi saat orde baru.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, Mahfud menyebut hingga kini masih ada 12 kasus sisa-sisa kejahatan HAM yang menjadi tanggungan pemerintah untuk segera diusut.
"Pertama sejak (reformasi) itu kan tidak ada lagi kejahatan HAM, kejahatan HAM itu kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap rakyatnya," ujar Mahfud saat ditemui di kantornya, Selasa (10/12).
"Kalau dulu zaman Orde Baru kan banyak tuh, sekarang masih tersisa 12 yang belum selesai," sambungnya.
Mahfud MD: Zaman Orde Baru Banyak Kejahatan HAM, Kini Sisa 12 Kasus (433780)
Pengunjuk rasa membawa poster saat mengikuti aksi di depan Istana Merdeka Jakarta, Selasa (10/12). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Terkait peristiwa kerusuhan beberapa waktu lalu yang dikaitkan dengan pelanggaran HAM, Mahfud membantahnya. Menurutnya, peristiwa itu lebih layak disebut kerusuhan ketimbang pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah terhadap rakyat.
"Yang terjadi sekarang adalah antara rakyat dengan rakyat saling melanggar hak asasi dan kalau rakyat dan rakyat yang melanggar hak asasi itu namanya bukan pelanggaran HAM tapi kejahatan, kerusuhan, pembunuhan, dan macam-macam," kata Mahfud.
Mahfud MD: Zaman Orde Baru Banyak Kejahatan HAM, Kini Sisa 12 Kasus (433781)
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Arfiansyah Panji/kumparan
"Itu bukan pelanggaran HAM yang terjadi antara rakyat dengan rakyat itu namanya pelanggaran hak asasi secara horizontal," lanjut Mahfud.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white