kumplus- Lipsus Paracetamol- Teluk Jakarta
11 Oktober 2021 9:20
ยท
waktu baca 11 menit

Makin Tercemar Laut karena Paracetamol (3)

Warga Jakarta dihebohkan dengan temuan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) soal kandungan paracetamol di Teluk Jakarta. Dalam laporan hasil riset bertajuk High Concentrations of Paracetamol in Effluent Dominated Waters of Jakarta Bay, BRIN mengungkap kandungan paracetamol sebesar 610 nanogram/liter di Angke dan 420 ng/liter di Ancol.
Temuan itu memicu sederet tanya dan khawatir dari warga ibu kota: apa dampak dan bahaya kandungan paracetamol bagi mereka dan lingkungan, khususnya ekosistem laut yang menopang kehidupan Jakarta? Apa yang kemudian harus diantisipasi dan dilakukan?
kumparan menemui sejumlah peneliti yang terlibat dapat riset kandungan paracetamol di Teluk Jakarta untuk mencari tahu lebih lanjut soal bahayanya. Langganan kumparan+ untuk mengetahui selengkapnya.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Laut Jakarta tercemar paracetamol. Bagaimana obat sakit kepala itu mengalir sampai ke laut? Siapa yang membuangnya dan apa bahayanya bagi lingkungan? Siapa juga yang mesti bertanggung jawab? Pemprov DKI tak tinggal diam. Klik laporannya di bawah.