News
·
4 Mei 2021 10:42

Manfaat Silaturahmi yang Wajib Diketahui Muslim

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Silaturahmi yang Wajib Diketahui Muslim (5247)
Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran Foto: Shutterstock
Kewajiban umat muslim selama hidup di dunia ini tidak hanya soal Hablum Minallah, yaitu hubungan dengan Allah SWT. Melainkan juga menjalin hubungan dengan manusia atau Hablum Minannas.
ADVERTISEMENT
Salah satu langkah yang disukai oleh Allah SWT dan wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim adalah menjalin tali persahabatan dan persaudaraan dengan manusia atau yang disebut sebagai silaturahmi.
Berikut kami rangkum 4 alasan mengapa silaturahmi memberi manfaat kepada kita semua:

Mendapatkan Ridho Allah SWT

Ajakan menjalin tali persaudaraan ini adalah perintah langsung dari Allah SWT. Sehingga jika kita melalaikannya akan mendapat ganjaran dari melanggar kewajiban-Nya, begitu sebaliknya, Allah akan melimpahkan ridha kepada hamba-Nya yang taat. Seperti yang tertera dalam ayat berikut:
” Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan tali silaturahim (kekeluargaan)? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan penglihatan mereka”.(QS. Muhammad:22-23).
ADVERTISEMENT

Mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat

Menjalin silaturahmi akan mendekatkan kita kepada sesama manusia lain, di mana kita sebagai manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dan interaksi orang lain. Dengan bersilaturahmi, akan memudahkan kita melakukan urusan dunia dan mengisi hari-hari kita di dunia dengan rasa syukur.
Selain itu, kebahagiaan di akhirat dengan imbalan surga akan diberikan kepada kita umat muslim yang mau menyambung dan mempererat tali silaturahmi, sebagaimana Baginda Rasul SAW bersabda,
”Tak akan masuk surga pemutus tali silaturahmi”.(HR. Bukhari dan Muslim).

Berkah rezeki dan usia

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menghubungkan tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)”
Dikutip dari situs NU Online, maksud dari sabda Rasulullah di atas adalah diberi keberkahan harta (meskipun secara lahiriah, harta tidak bertambah banyak).
ADVERTISEMENT
Begitu pula dengan panjang usia yang dimaksud usia yang telah ditetapkan Allah SWT bagi hamba-Nya di dunia akan dipenuhi dengan keberkahan.

Menjadi insan berakhlak mulia

Perselisihan antar manusia adalah hal yang tidak dapat dihindari, namun Allah SWT mengingatkan bahwa Dia tidak menyukai orang yang memutuskan hubungan dengan saudaranya lebih dari tiga hari.
Rasulullah pernah berpesan, bahwa tidak halal bagi seorang muslim memutuskan hubungan dengan saudaranya (sesama muslim) lebih dari tiga hari dan sebaik-baik di antara keduanya adalah yang memulai salam. Yakni orang yang lebih dulu menyambung silaturahmi.
”Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu.”
ADVERTISEMENT
Sangat banyak sekali manfaat yang akan di dapat dari menjaga hubungan dengan sesama. Soal silaturahmi ini akan dibahas lebih luas lagi di episode kedua Tanya Ustaz bersama dengan Gus Miftah dan Esemag yang akan membahas topik “Menjaga Silaturahmi di Bulan Ramadhan” pada Jumat, 7 Mei 2021, pukul 16.30 WIB, tayang secara Live di akun Instagram @kumparancom & @gusmiftah.
Manfaat Silaturahmi yang Wajib Diketahui Muslim (5248)
Live Tanya Ustaz Episode 2 Bersama Gus Miftah dan Esemag. Foto: kumparan
Esemag merupakan sirup herbal yang membantu meringankan gangguan lambung seperti maag, begah, kembung, perih dan mual.
Selain itu Esemag juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menurunkan asam lambung, melapisi dinding lambung dan baik untuk kesehatan lambung dan hati. Karena herbal, Esemag dapat diminum setiap hari sebelum atau sesudah makan. Nah khusus untuk Ramadhan, Esemag dapat diminum setiap hari sebelum atau sesudah makan saat sahur dan berbuka.
ADVERTISEMENT
Esemag sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan sudah terdaftar di BPOM. Kandungannya 100% herbal terdiri dari kandungan alami zat aktif kunyit, licorice (akar manis), meniran dan madu. Proses produksinya juga dilakukan dengan baik dan sesuai dengan GMP atau Good Manufacturing Practice yakni tradisi herbal yang diolah secara modern oleh Sido Muncul. Dikemas dalam ukuran sachet 10 mili dengan rasa mint yang segar, sehingga praktis dan nyaman untuk lambung.
Kamu dapat membeli produk-produk Esemag secara online di website www.sidomuncul.com dan marketplace atau official store Sido Muncul di Tokopedia, Lazada, Blibli.com, Bukalapak dan Lazada.