News
·
21 September 2020 15:25

Mantan Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto Positif Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mantan Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto Positif Corona  (173511)
Ilustrasi positif terkena virus corona. Foto: Shutter Stock
Mantan Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, terkonfirmasi positif corona. Herry Zudianto yang juga bendahara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Yogyakarta ini merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.
ADVERTISEMENT
"Iya benar (HZ positif). Isolasi mandiri. Kamis (lalu positifnya) kalau tidak salah. Kondisinya sehat OTG," kata Wakil Ketua PWM DI Yogyakarta Arif Jamali Muis dihubungi wartawan, Senin (21/9).
Herry Zudianto merupakan mantan Wali Kota Yogyakarta dua periode sejak 2001-2011.
Selain Herry Zudianto, dua pimpinan PWM Yogyakarta dinyatakan positif corona yakni Wakil Ketua PWM DIY Isnawan dan Wakil Bendahara Dede Haris Sumarno.
Arif menampik ketiganya tertular dari Direktur Utama Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping dokter Ahmad Faesol.
"Belum tentu dari Pak Faesol. Karena setahu saya beliau (HZ) tidak kontak. Tiga orang tidak saling berkaitan (kasusnya)," ucap Arif.
Arif menuturkan, kantor PWM Yogyakarta ditutup bukan karena tiga kasus ini. Sudah sejak lama PWM dibuka secara online setelah ada kasus anggota IMM yang positif.
ADVERTISEMENT
"Iya IMM, anak IMM OTG ke kantor oleh teman-teman satgas COVID anak itu setelah perjalanan dari Jakarta baru diminta rapid di Jakarta non reaktif, di Jogja ternyata reaktif lalu diminta swab oleh kita karena kita paham COVID lalu diisolasi mandiri di rumah sakit lapangan Bantul, sudah sembuh," jelas dia.
Muhammadiyah menegaskan, kasus corona ini bukan aib. Mereka menilai virus corona merupakan penyakit yang perlu dukungan bersama untuk memutus mata rantai.
Sementara Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, juga membenarkan HZ positif corona. Saat ini pihaknya juga melakukan tracing.
"Iya betul. Pak HZ mantan wali kota terpapar COVID dan sudah melakukan isolasi mandiri. Dan dilakukan tracing," katanya.