Maret 2018, Polda Kalimantan Utara Akan Diresmikan

29 Desember 2017 22:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Jenderal Polisi Tito Karnavian. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Jenderal Polisi Tito Karnavian. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
ADVERTISEMENT
Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan sebuah provinsi yang baru di Indonesia. Guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat di daerah tersebut, Polri membentuk kepolisian daerah (Polda).
ADVERTISEMENT
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan proses pembentukan Polda baru di wilayah Kaltara itu telah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
"Sudah kami siapkan, sudah ditandatangani oleh Menteri PAN-RB (Asman Abnur), itu adalah Polda Kalimantan Utara, sudah ditandatangani dua minggu lalu," kata Tito di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/12).
Meskipun telah dilakukan penandatanganan antara pihak kepolisian dengan Kementerian PAN-RB, saat ini Polda tersebut masih belum difungsikan.
"Kenapa? Karena gedung sementara Poldanya sudah ada, tanah hibah dari Pemda Kalimantan Utara sudah ada, anggaran untuk 2018 sudah siap, personelnya juga sudah siap. Yang belum siap adalah perumahan untuk anggota, yang letaknya di daerah pegunungan, yang relatif agak sepi," terang Mantan Kapolda Papua tersebut.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, jajarannya dalam kurun waktu tiga bulan mendatang akan membangun perumahan sementara bagi sekitar 600 personel yang akan bertugas di Polda Kaltara. Sehingga Maret 2018 mendatang, Polda Kaltara siap difungsikan.
"Kalau sudah siap maka kira-kira bulan Maret Polda Kaltara akan diresmikan dan tentu kita akan tunjuk pejabat-pejabatnya. Ini nanti Polda tipe B, bintang satu," jelasnya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·