News
·
20 Agustus 2020 12:49

Melihat Pesawat Jet Komersial Kembali Beroperasi di Bandara Husein Sastranegara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melihat Pesawat Jet Komersial Kembali Beroperasi di Bandara Husein Sastranegara  (82736)
Pesawat jet maskapai Lion Air Boeing 737-800 mendarat di Bandara Husein Sastranegara dari Makassar. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Pesawat jenis jet kembali mendarat perdana di Bandara Husein Sastranegara pada Kamis (20/8) sekitar pukul 10.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Iwan Winaya Bahdar, mengatakan hari ini hanya pesawat jet maskapai Lion Air kembali beroperasi dengan rute penerbangan Bandung - Makassar, Bandung - Denpasar, Bandung - Kualanamu. Ke depan bakal ada rute penerbangan Bandung - Balik Papan.
Sementara itu, pada Jumat (21/8) bakal ada tambahan yakni dari Citilink dengan rute penerbangan ke Bandung - Kualanamu, Bandung - Palembang, Bandung - Pekan Baru dan Bandung - Denpasar.
Besok, bakal ada 19 aircraft movement pesawat jet di Bandara Husein. Meski jet sudah kembali beroperasi, pesawat jenis ATR 72 pun masih tetap dioperasikan.
"Citilink itu Kualanamu kemudian Bandung - Palembang, Bandung - Pekan Baru dan Bandung - Denpasar," kata dia ketika ditemui di lokasi.
ADVERTISEMENT
Iwan menyebut, pesawat jet di Bandara Husein berhenti beroperasi pada sekitar bulan Juli 2019 seiring dengan adanya surat dari Kementerian Perhubungan mengenai penataan rute ke Bandara Kertajati. Sejak itu, hanyalah pesawat jenis ATR yang beroperasi di Bandara Husein.
Melihat Pesawat Jet Komersial Kembali Beroperasi di Bandara Husein Sastranegara  (82737)
Pesawat jet maskapai Lion Air Boeing 737-800 mendarat di Bandara Husein Sastranegara dari Makassar. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Bandara Husein baru mengoperasikan kembali pesawat jenis jet setelah adanya surat tanggal 5 Agustus tentang penataan rute di bandara. Meski ada penerbangan jenis pesawat jet di Bandara Husein, di Bandara Kertajati pun masih tetap dioperasikan.
"Kami tegaskan kembali bahwa Bandara Kertajati masih beroperasi, slotnya masih ada, rutenya masih ada sama dengan Bandara Husein, jadi bukan yang di Kertajati dipindah tapi sama-sama ada rute untuk saling mensupport," papar dia.
"Artinya, ketika nanti penumpang dari Makassar berangkat jam 8 pagi, nanti juga mungkin di sana ada Kertajati yang di Makassar jam 4 sore, itu adalah pilihan dari masyarakat Jabar silahkan mau terbang dari Husein atau Kertajati silahkan masih ada semuanya," ujar dia. ***
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)