Memiliki Asuransi Jiwa: Dasar Memutus Rantai Sandwich Generation

24 November 2021 14:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Memiliki Asuransi Jiwa: Dasar Memutus Rantai Sandwich Generation (209491)
searchPerbesar
Pentingnya memiliki asuransi jiwa untuk sandwich generation. Dok. Astra Life
Nilai kekeluargaan yang lekat di masyarakat Indonesia mengajarkan bahwa setiap anak harus berbakti kepada orang tuanya ketika sudah dewasa, termasuk mendukungnya secara finansial saat mereka sudah memasuki usia lanjut.
Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020 menyebutkan bahwa 78.27 persen sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja. Sementara Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan, 62,64 persen kaum lanjut usia di Indonesia tinggal bersama anak cucunya.
Kondisi ini memperlihatkan cukup banyak orang Indonesia usia produktif yang menopang orang tua lanjut usia sekaligus menopang dirinya sendiri dan anak atau bahkan saudara. Ya, mereka dikenal sebagai sandwich generation.
Beratnya tanggung jawab yang dihadapi sandwich generation seringkali menjadi polemik, antara rasa bangga bisa membantu keuangan keluarga namun berat terhimpit banyaknya tanggungan yang harus dicukupi. Hasil survei Katadata Insight Center untuk Astra Life pada bulan September 2021 terhadap 1.828 responden berusia 25-45 tahun yang tersebar di seluruh Indonesia menyebutkan, 83,6 persen sandwich generation di Indonesia percaya kalau mereka mampu merawat tanggungan dengan baik, namun faktanya hanya 13,4 persen yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi.
Kondisi inilah yang membuat PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kamu. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi, mengatakan, melalui kampanye ini, Astra Life ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi sandwich generation yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial.
“Tentunya kita tidak mau mengurangi tanggung jawab kepada keluarga, tapi dengan perencanaan keuangan yang baik seperti memiliki asuransi dapat memperbesar kekuatan kita untuk menanggung dan membahagiakan mereka yang kita cintai,” Ujar Windawati dalam acara peluncuran kampanye #BetterSandwichGen.
Dasar perencanaan keuangan yang baik selain memiliki tabungan dan investasi adalah dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Risiko kesehatan tidak dapat dihindari dan kerap menjadi pengeluaran terbesar dan tidak terduga serta uang pertanggungan dari asuransi jiwa juga menjadi penyambung hidup keluarga apabila pencari nafkah atau penopang hidup keluarga harus tutup usia.
Memiliki Asuransi Jiwa: Dasar Memutus Rantai Sandwich Generation (209492)
searchPerbesar
Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan untuk kebutuhan sandwich generation lewat Flexi Life yang dapat diakses di ilovelife.co.id. Dok. Astra Life
Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sandwich generation dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa, salah satunya adalah Flexi Life yang dapat diakses di ilovelife.co.id. Flexi Life merupakan asuransi jiwa murni ultra fleksibel pertama di Indonesia yang memungkinkan nasabah untuk menentukan sendiri besaran dari uang pertanggungan dan preminya.
Dengan proses pembelian yang mudah seperti belanja online, dan tanpa medical check-up, pelanggan dapat menentukan uang pertanggungan hingga Rp 5 miliar. Mengajukan berbagai perubahan seperti merubah uang pertanggungan, masa pertanggungan, hingga frekuensi pembayaran premi pun dapat dilakukan secara fleksibel mengikuti perubahan setiap tahapan kehidupan.
Sebagai gambaran, untuk uang pertanggungan Rp 1 miliar, pelanggan hanya perlu membayar premi mulai dari Rp 116 ribu per bulan. Pelanggan juga bisa mencoba kalkulator premi untuk membuat simulasi sesuai kebutuhan perlindungannya pada laman ilovelife.co.id.
“Dimulai dari kamu dengan menjadi sandwich generation yang lebih baik saat ini, agar bisa menciptakan generasi penerus yang cerdas finansial dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa dimasa depan,” tutup Windawati.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Astra Life
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020