News
·
26 Juli 2018 18:56

Menelisik Rumah Kontrakan Mewah Inneke di Dekat Lapas Sukamiskin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menelisik Rumah Kontrakan Mewah Inneke di Dekat Lapas Sukamiskin (476808)
Inneke Koesherawati. (Foto: Munady Widjaja)
Aktris sekaligus istri terpidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah, Inneke Koesherawati, menyewa rumah kontrakan mewah di Kota Bandung. Rumah mewah tersebut berada di Perumahan Permata Arcamanik, Kota Bandung.
ADVERTISEMENT
Perumahan elite itu hanya berjarak sekitar 1,3 kilometer dari Lapas Kelas 1 Sukamiskin. Penjagaan perumahan tersebut cukup ketat. Ada dua satpam yang menjaga portal perumahan. Satpam selalu siaga menanyakan tujuan dan kepentingan setiap tamu yang datang.
Menelisik Rumah Kontrakan Mewah Inneke di Dekat Lapas Sukamiskin (476809)
Rumah Kontrakan yang disewa Inneke di Perumahan Permata Arcamanik Bandung. (Foto: Iqbal Tawakal Lazuardi/kumparan)
Meski demikian, perumahan elite tersebut tampak sepi. Tak banyak warga yang beraktifitas di luar rumah. Di Perumahan Permata Arcamanik, Inneke mengontrak sebuah rumah dua lantai di blok F nomor 15/16.
Rumah kontrakan Inneke tampak mentereng. Bercat dasar cokelat dan krem, rumah ini didesain bergaya minimalis. Diduga rumah itu disewa Inneke Rp 120 juta per tahun. Namun, Inneke jarang menempati rumah tersebut.
Terakhir Inneke mengunjungi rumah itu, pada Sabtu (22/7) siang. Ini artinya Inneke mengunjungi rumah kontrakannya itu di hari yang sama saat Kalapas Sukamiskin ditangkap KPK.
ADVERTISEMENT
"Terakhir hari Sabtu dari siang, malam keluar," ujar penjaga rumah Inneke yang enggan menyebutkan namanya di lokasi, Kamis (26/7). Tak banyak yang bisa digali dari penjaga rumah tersebut. Dia langsung buru-buru menutup rapat pintu garasi.
Menelisik Rumah Kontrakan Mewah Inneke di Dekat Lapas Sukamiskin (476810)
Rumah Kontrakan yang disewa Inneke di Perumahan Permata Arcamanik Bandung. (Foto: Iqbal Tawakal Lazuardi/kumparan)
Menurut tokoh masyarakat sekitar, Ali Mustofa, warga tak banyak yang tahu rumah tersebut dikontrak oleh Inneke. Warga hanya mendengar desas-desus rumah itu dihuni oleh Inneke saat datang ke Bandung.
"Yang kontrak bukan atas nama Inneke. Nama orang lain. Kalau enggak salah orang Cilacap," katanya.
Ali menjelaskan pemilik rumah itu adalah Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Bandar Lampung, Rifanzi. Sejak dikontrak Inneke pertengahan 2017 lalu, tak banyak aktivitas dari dalam rumah tersebut.
"Yang punya pak Rifanzi. Dia mantan Sekda dan sekarang anggota DPRD di Lampung," jelas Ali.
Menelisik Rumah Kontrakan Mewah Inneke di Dekat Lapas Sukamiskin (476811)
Inneke Koesherawati usai diperiksa penyidik KPK (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
ADVERTISEMENT
Namun, warga setempat kerap melihat di rumah tersebut terparkir mobil Alphard dengan plat nomor B. Namun, kedatangan mobil tersebut tidak sering. Hanya terlihat sekitar satu minggu sekali.
Inneke terseret dalam kasus suap yang didiuga dilakukan oleh suaminya Fahmi Darmawansyah kepada Kalaps Sukamiskin Wahid Husen. KPK menduga Inneke sempat mencarikan dan membelikan mobil untuk menyuap Wahid. Suap itu terkait pemberian fasilitas tambahan dan jual beli kamar sel di Lapas Sukamiskin.