Mengenang Jejak Presiden Iran di Indonesia: Bertemu Jokowi, Salat di Istiqlal

20 Mei 2024 12:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 24 Mei 2023. Foto: Bay Ismoyo/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 24 Mei 2023. Foto: Bay Ismoyo/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabar duka datang dari Iran. Sang Presiden, Ebrahim Raisi, meninggal dunia akibat kecelakaan heli pada Minggu (19/5).
ADVERTISEMENT
Raisi baru dua tahun menjabat sebagai Presiden Iran. Selama memegang jabatan tersebut, Raisi melakukan berbagai lawatan kenegaraan termasuk ke Indonesia pada Mei 2023 lalu.
Saat berada di Indonesia, Raisi menggelar berbagai kegiatan kenegaraan. Di antaranya bertemu Presiden Jokowi serta perwakilan parlemen.
Presiden Iran Ebrahim Raisi bertemu Syiah Indonesia di Pusat Kebudayaan Islam Iran di Jakarta, pada 23 Mei 2023. Foto: Bay Ismoyo/AFP
Di samping agenda kenegaraan, Raisi juga menyempatkan salat Zuhur di Masjid Istiqlal dan memberikan kuliah umum di beberapa universitas. Dirinya sempat pula berdialog dengan para cendekiawan, dosen, mahasiswa, dan pelaku usaha di Indonesia.
Untuk lawatan bertemu dengan Jokowi, Raisi didampingi oleh Ibu Negara Jamileh Alamolhoda. Pertemuan itu digelar pada 23 Mei 2024 di Istana Kepresidenan Bogor.
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raeisi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Delegasi Iran yang dibawa Raisi menemui Jokowi, mencakup pejabat tinggi seperti Wakil Presiden Bidang Sains, Teknologi, dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan Rouhollah Dehghani Firouzabadi serta beberapa menteri dan wakil menteri.
ADVERTISEMENT
Jokowi dan Presiden Raisi juga menyaksikan penandatanganan 10 kesepakatan kerja sama Indonesia dan Iran. Di antaranya adalah kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi hingga pemberantasan narkoba
Kedua pemimpin kemudian melakukan penanaman pohon kayu ulin besi (eusideroxylon zwageri). Presiden Raisi juga sempat meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, sebelum melakukan pertemuan dengan Jokowi.
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kiri) bertemu Ketua MPR Bambang Soesatyo di Jakarta, pada 23 Mei 2023. Foto: MARIANA / AFP
Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Gedung DPR, Senayan. Foto: DPR RI
Usai pertemuan dengan Jokowi, Raisi juga menyapa Ketua DPR RI dan Ketua MPR RI di Gedung Nusantara.
Sehari sesudahnya atau pada 24 Mei 2024, Raisi menunaikan ibadah salat zuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta. Sebelumnya, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad juga menyempatkan diri salat di Masjid Istiqlal dalam kunjungannya ke Indonesia pada 2006.
Lawatan terakhir Presiden Iran ke Indonesia, sebelum Raisi, dilakukan pada pada 23-24 April 2015. Saat itu Presiden Hassan Rouhani menghadiri Peringatan 50 Tahun Konferensi Asia-Afrika.
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 24 Mei 2023. Foto: Bay Ismoyo/AFP
Presiden Iran Ebrahim Raisi melaksanakan salat di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 24 Mei 2023. Foto: Bay Ismoyo/AFP