Lipsus Gagal Haji di Jalur Cepat-Ibadah Haji 2022

Menguak Gagalnya Keberangkatan 4.000 Jemaah Haji Furoda (2)

14 Juli 2022 14:21
·
waktu baca 10 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Berhaji di usia muda adalah cita-cita Paramitha Messayu. Perempuan kelahiran Jakarta, 24 Mei 1987 ini sudah mendaftar haji reguler sejak 2015, kala ia berusia 28 tahun. Namun, di kota tempat Mitha tinggal, Tangerang Selatan, haji yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Agama itu antreannya mencapai 14 tahun.
Sesuai antrean tersebut, giliran Mitha berangkat haji akan tiba saat ia berusia 42 tahun. Melihat lamanya penantian, orang tua Mitha mendorong anak perempuan mereka untuk ambil jalur cepat lewat haji furoda bila ada kesempatan.
Haji furoda ialah haji mandiri melalui undangan Kerajaan Arab Saudi. Kuota haji tersebut tidak termasuk ke dalam kuota haji reguler dan haji khusus (non-kuota) yang jumlahnya tiap tahun ditetapkan oleh Menteri Agama. Pendek kata, haji furoda tak perlu menunggu antrean. Ini jalur cepat. Daftar tahun ini, bisa berangkat tahun ini pula.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Tak kurang dari 4.000 calon jemaah haji RI batal berangkat ke Saudi. Padahal mereka daftar lewat jalur kilat dan bayar ratusan juta. Apa yang terjadi? Mengapa visa mereka tak terbit? Sebesar apa kerugian yang ditanggung pihak travel? Klik di bawah.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten