Menhub: Aplikasi Tarif Bundling KRL-LRT-Kereta Cepat Diluncurkan Akhir September

13 September 2023 17:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menhub Budi Karya Sumadi hingga Pj Gubernur Heru Budi Hartono meresmikan Jembatan Penyeberangan Multiguna Dukuh Atas di Jakarta, Rabu (13/9/2023). Foto: Annisa Thahira Madina/kumparan
ADVERTISEMENT
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengungkap tarif integrasi atau bundling KRL, MRT, LRT, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), hingga KA antar-kota akan diluncurkan. Tarif integrasi ini disebut akan hadir dalam satu aplikasi pada akhir September ini.
ADVERTISEMENT
"Dengan satu pemilik aplikasi untuk membuat itu terintegrasi. Bahkan bukan terintegrasi di Jakarta saja, bahkan sampai Bandung, Yogya, sampai Surabaya. Jadi beli satu tiket, sampai ke tempat di kota di mana mereka berada," kata Menhub di Jembatan Penyeberangan Multiguna Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (13/9).
"Jadi memang menurut aplikasi yang pertama di dunia, nanti tanggal 29 (September), kita akan show bahwa itu menjadi pertama kali di dunia," imbuh dia.
Budi mencontohkan, nantinya seseorang dapat mobilitas dari awal hingga akhir perjalanan dengan satu tarif. Ia menambahkan, ada potensi diberlakukan subsidi silang dalam pemberlakuan tarif.
Menhub Budi Karya Sumadi hingga Pj Gubernur Heru Budi Hartono meresmikan Jembatan Penyebrangan Multiguna Dukuh Atas di Jakarta, Rabu (13/9/2023). Foto: Annisa Thahira Madina/kumparan
"Sekali bayar mereka sampai ke rumah eyangnya. Atau sekali bayar mereka sudah pindah ke Yogya dan sebagainya. Untungnya kan sekali beli tiket. Kedua, kita berusaha memberi saling subsidi, pertama bagi yang duitnya gede, tiketnya banyak, itu mensubsidi yang kecil-kecil. Seperti ojol itu kan UKM ya, mungkin mereka disubsidi," kata Budi.
ADVERTISEMENT
Meski, Budi mengatakan rencana tarif integrasi atau bundling ini akan diberlakukan bertahap. Tahap pertama akan diberlakukan bagi perjalanan Jakarta-Bandung.
"Kita bertahap mungkin kalau di sekitar Jakarta cepat. Saya baru dari KRL, nah ini nanti Pak Dir Kereta Api tolong Kereta Cepat dan LRT ikut. Transjakarta saya minta tolong join. Nah, itu Jakarta sampai Bandung sudah nyambung," kata Budi.
"Kereta api nanti sampai Yogya sampai Surabaya. Jadi saya pikir format ini bagus sekali dan itu karya anak bangsa. Satu waktu tanggal 29 akan di-announce dan Pak Presiden akan hadir. Satu teknologi anak bangsa yang menghubungkan dari titik ke titik dari first mile hingga last mile antarkota," pungkas dia.