Menkes Ungkap 2 Kunci Rakyat Indonesia Bisa Punya Gaji Rp 15 Juta/Bulan

15 Desember 2023 16:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kesehatan dan pendidikan menjadi dua kunci penting agar Indonesia menjadi negara maju pada 2030.
ADVERTISEMENT
Budi menekankan, kesehatan dan pendidikan sangat penting agar penduduk Indonesia bisa mencapai target pendapatan Rp 15 juta per bulan sebagai salah satu syarat menjadi negara maju.
“Caranya bagaimana supaya orang punya pendapatan Rp 15 juta? Gampang. Pertama dia mesti sehat, kedua mesti pinter,” kata Budi dalam diskusi di Media Center Indonesia Maju.
Calon pembeli melihat model busana muslim di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (2/5/2020). Foto: ANTARA/Fauzan
Budi menekankan, kesehatan sangat penting dan utama dibanding pendidikan karena saat ini kasus stunting masih cukup banyak. Berdasarkan data yang dimilikinya, prevalensi stunting berada pada angka 25 persen atau sekitar 5 juta anak per tahun.
“Masyarakat tidak bakal pinter nantinya jika stunting masih banyak. Let’s say orangnya pinter tapi tidak sehat, kena stroke, gak bisa pergi ke kantor, bagaimana bisa menghasilkan? Itu kenapa sehat dan pinter itu penting, harus dijaga,” ujar Budi.
ADVERTISEMENT
Eks Wakil Menteri BUMN ini berharap siapa pun presiden yang terpilih pada 2024, dapat memilih Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan yang terbaik.
Menurutnya, Indonesia hanya memiliki waktu tujuh tahun sebelum masuk 2030 dengan target menjadi negara maju.
“Tujuh tahun ke depan sangat penting untuk kita menjadi negara maju. Nanti harus pastikan Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikannya benar. Kalau sampai masyarakat gak sehat dan gak pinter, pada 2030 Indonesia akan gagal menjadi negara maju,” tegas Budi.