Menko PMK Harap Diskon Tarif Tol 17-19 April Dapat Pengaruhi Rencana Arus Balik

15 April 2024 3:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menko PMK Muhadjir Effendy di RSUD Karawang. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Menko PMK Muhadjir Effendy di RSUD Karawang. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menko PMK Muhadjir Effendy berharap kebijakan diskon tarif tol dapat berdampak terhadap rencana pemudik menunda waktu kepulangannya. Sehingga, tak seluruh masyarakat pulang dalam waktu bersamaan.
ADVERTISEMENT
"Masih ada kesempatan untuk mendapatkan tarif diskon tol yaitu tanggal 17-19 (April 2024). Jadi silakan para pemudik yang menunda keberangkatannya," kata Muhadjir di Command Center KM 29 Tol Japek, Senin (15/4) dini hari.
Selanjutnya, Muhadjir mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk juga menunda kepulangannya. Terlebih, sudah ada kebijakan work from home (WFH) pada 16-17 April.
"Jangan lupa juga masih ada juga kebijakan untuk WFH, terutama untuk ASN. Sehingga dia bisa menunda pulang," imbuhnya.
Dengan adanya kebijakan diskon tarif tol dan WFH bagi ASN, Muhadjir mengharapkan tak ada puncak arus balik yang terjadi pada Lebaran 2024.
"Insyaallah mudah-mudahan target kita tidak ada kurva yang ekstrem terjadi peak hours maupun peak days," pungkas dia.
ADVERTISEMENT
PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan kembali memberlakukan potongan tarif tol 20 persen untuk semua golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa. Promo ini khusus periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta pada Rabu, 17 April 2024 pukul 5.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 5.00 WIB.
Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, menjelaskan potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.
"Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang s.d Jakarta," ujar Faiza dalam keterangan resmi, Kamis (11/4).
ADVERTISEMENT