News
·
22 November 2020 22:39

Menlu: Di KTT G20, Jokowi Sebut Pandemi COVID-19 Berikan Pelajaran Berharga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menlu: Di KTT G20, Jokowi Sebut Pandemi COVID-19 Berikan Pelajaran Berharga (46184)
Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan antar Menlu ASEAN. Foto: Dok. Kemlu
Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Seskab Pramono Anung mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar virtual pada Minggu (22/11).
ADVERTISEMENT
Menlu Retno mengatakan, dalam pertemuan itu Presiden Jokowi menyampaikan pandemi COVID-19 telah mengajarkan kita semua untuk bangkit dari krisis.
"Dalam KTT G20 hari ini Presiden Jokowi menyampaikan pandemi telah memberikan pelajaran berharga bagi kita semua dan ini waktu kita untuk intropeksi bukan hanya pulih dari krisis kesehatan dan ekonomi namun bangkit dan tumbuh lebih kokoh lagi," kata Retno dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (22/11).
Retno menambahkan, para kepala negara KTT G20 membahas pembangunan masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh.
Hal ini termasuk upaya pengentasan kemiskinan, kesenjangan, antikorupsi, pemberdayaan perempuan dan pemuda, pendidikan, pariwisata, ekonomi digital, serta upaya pengendalian perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.
"Presiden ingin Indonesia melakukan transformasi besar dan sudah menjadi komitmen Indonesia untuk menuju ekonomi lebih hijau dan berkelanjutan," tutur Retno.
ADVERTISEMENT
Seperti hari sebelumnya, Jokowi mengikuti pertemuan itu dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.
KTT G20 tahun 2020 berlangsung di Kota Riyadh, Arab Saudi sejak Sabtu (21/11). Pertemuan itu ditutup hari ini dengan sebuah seremoni.