News
·
29 Oktober 2020 14:09

Mike Pompeo: Kami Tolak Klaim Partai Komunis China di Laut China Selatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mike Pompeo: Kami Tolak Klaim Partai Komunis China di Laut China Selatan (113776)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Jakarta, Kamis (29/10). Foto: Kemlu RI
Dalam pertemuan di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Menlu AS Mike Pompeo sempat menyinggung soal kedaulatan di Laut China Selatan. Dia menegaskan, AS menolak klaim Partai Komunis China atas Laut China Selatan.
ADVERTISEMENT
"Negara-negara kami yang taat hukum menolak klaim melanggar hukum yang dibuat oleh Partai Komunis China di Laut China Selatan, seperti yang terlihat jelas dari kepemimpinan berani Indonesia tentang masalah ini di dalam ASEAN dan di PBB," kata Pompeo di Kemlu, Kamis (29/10).
"Ini adalah tujuan yang patut dikejar dalam pengaturan multilateral, dan pemerintahan Trump sangat mendukung hal ini," imbuh Pompeo.
Dalam kesempatan itu, Menlu Retno Marsudi telah lebih dulu menyinggung klaim China soal Laut Natuna yang merupakan bagian dari Laut China Selatan. Menurut Retno, klaim China terkait sembilan-garis-putus atau nine dash line yang termasuk laut Natuna tidak berdasar.
Sebab laut Natuna merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia berdasarkan hukum internasional yakni United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982.
ADVERTISEMENT
"Hukum internasional, khususnya UNCLOS 1982, harus dihormati dan diterapkan. Oleh karena itu, klaim apa pun harus didasarkan pada prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk UNCLOS 1982," tegas Retno.