kumparan
search-gray
News11 Oktober 2018 19:13

Miliarder Termuda Afrika Diculik, Pelaku Belum Jelas

Konten Redaksi kumparan
Miliarder Termuda Afrika Diculik, Pelaku Belum Jelas (43331)
Mohammed Dewji. (Foto: AFP/Khalfan SAID HASSAN)
Mohammed Dewji (43), seorang miliarder termuda Afrika, diculik di Dar es Salaam, ibukota Tanzania, Kamis (11/10) pagi. Dewji saat itu dalam perjalanan menuju gym untuk kegiatan olahraga rutinnya.
ADVERTISEMENT
Dia disergap oleh dua pria asing dan sejumlah kaki tangan mereka dengan dua buah mobil, kemudian dibawa lari dalam salah satu mobil.
Peristiwa penculikan Dewji dibenarkan kepala kepolisian di Dar es Salaam, Lazaro Mambosasa. Polisi kini memburu para pelaku, demikian dilansir Algemeen Dagblad, Kamis (11/10).
Sementara itu Menteri Luar Negeri Tanzania January Makamba juga telah menghubungi keluarga Mohammed Dewji alias Mo. Menlu Makamba melalui Twitter juga menyampaikan pesan.
“Saya telah berbicara dengan ayahnya dan kabar mengenai teman kita Mo adalah benar. Dia punya keluarga dan anak-anaknya masih kecil. Bantulah kami dengan memberi informasi,” tulis Menlu Makamba.
Sejauh ini masih belum jelas motif penculikan Dewji. Majalah Forbes menaksir jumlah kekayaan Dewji mencapai USD 1,5 miliar. Dia adalah CEO MeTL Group, salah satu perusahaan terbesar di Tanzania dengan pendapatan sekitar 3,5 persen dari produk domestik bruto negara itu. MeTL bergerak di bidang pertanian, properti, asuransi, dan telekomunikasi.
ADVERTISEMENT
Dewji merupakan satu-satunya miliarder yang menandatangani Giving Pledge pada 2016 di mana isinya dia berjanji untuk menggunakan separuh kekayaannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sejak 2014 dia telah mengucurkan dana USD 3 juta untuk proyek-proyek pendidikan dan kesehatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white