LIPSUS- Jejak Syiar Islam- Makam Ki Tua di Condet

Misteri Makam Ki Tua di Tepi Ciliwung

12 April 2021 12:07
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Nama panggilannya Aki Tua atau Ki Tua. Dahulu, ia diyakini sebagai penyebar Islam di Condet, Jakarta Timur. Kini, berziarah ke kuburnya mungkin tak terlampau mudah. Tak ada papan petunjuk menuju makamnya. Tak ada tanda apa pun di pusaranya. Tak ada kubah, nisan, atau kaligrafi. Hanya gundukan tanah berpagar bebatuan kali yang terletak di bawah pohon ara.
Makam tak bernisan itu berada di kawasan TPU Condet Balekambang, namun terpisah dengan kuburan lain. Ia berada agak ke bawah—di pinggir Kali Ciliwung, dikelilingi semak liar. Untuk ke sana, kita akan menyusuri ratusan makam lain terlebih dulu, lalu bertemu selokan kecil yang memisahkan kompleks perkuburan dengan makam sang ulama.
“Inilah makam Ki Tua—orang-orang tua, para pendahulu, menyebutnya begitu. Makam ini sudah di sini sejak dulu; persisnya kapan saya tidak tahu. Kalau orang mau ziarah, ya saya ajak ke sini,” ucap Ridwan, kuncen TPU Balekambang, menunjuk ke arah kubur.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanplus
Ragam kisah fantastis tentang para leluhur hidup dalam memori kolektif muslim Indonesia secara turun-temurun. Alih-alih fakta sejarah, kisah tersebut dipahami sebagai pedoman memperoleh kemuliaan. Kali ini, cerita datang dari Jakarta dan Depok.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten