Moeldoko Jelaskan 3 Opsi Bentuk Kelembagaan Manajemen Talenta Nasional

30 Maret 2021 17:36
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Presiden Joko Widodo memimpin rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo memimpin rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (30/3). Bersama beberapa menteri kabinet Indonesia Maju, Jokowi membahas pembentukan manajemen talenta nasional. Jokowi dalam waktu dekat akan membentuk manajemen talenta nasional.
ADVERTISEMENT
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko, sejauh ini ada tiga alternatif yang dipertimbangkan mengenai kelembagaan tersebut.
"Tentang kelembagaan tadi dalam rapat terbatas ada tiga alternatif kelembagaan itu," kata Moeldoko.
Presiden Joko Widodo bersama Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (kiri).
 Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo bersama Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko (kiri). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Eks Panglima TNI itu menuturkan, tiga alternatif itu seperti dihadirkan dalam bentuk gugus tugas, lembaga independen, atau menempel atau bergabung dengan kementerian tertentu.
"Satu bisa apa itu struktur yang struktur organisasi yang belum permanen, gugus tugas. Yang kedua struktur yang lebih independen, sebuah lembaga tersendiri," tutur Moeldoko.
"Yang ketiga bisa ditempatkan di sebuah kelembagaan yang dioptimalisasi, kelembagaan atau kementerian," tambahnya.
Moeldoko menjelaskan, ada peluang manajemen talenta digabung dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebab ada satu lembaga di Kemendikbud memiliki manfaat sama seperti manajemen talenta.
ADVERTISEMENT
"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ada di sana juga sudah tersedia suatu tempat lembaga pencarian bakat ya. Pencarian bakat ada di sana. Apakah nanti dioptimalisasi di sana, Ini masih akan kita lanjutkan lagi untuk mendiskusikan," jelas Moeldoko.
Terkait persiapan lainnya mulai dari grand desain hingga landasan hukum manajemen talenta, Moeldoko memastikan akan segera diselesaikan dalam waktu dekat,
"Secara utuh grand design sepenuh sudah jadi dan rencana perpresnya juga sudah jadi. tinggal menunggu gongnya dalam tempo yang tidak terlalu lama," ujar dia,
Sehingga manajemen talenta nasional nantinya bisa dioperasionalkan secara maksimal.
Manajemen talenta nasional adalah suatu wadah yang bertugas menyaring bakat-bakat yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang. Sehingga, bisa dimanfaatkan secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
"Intinya adalah negara hadir untuk bisa menangani anak-anak Indonesia yang punya talenta unggul. Itu intinya di situ. Selama ini mungkin belum tertangani dengan baik," kata Moeldoko.
Rencana pembentukan manajemen talenta nasional memang menjadi salah satu program Jokowi saat kampanye Pilpres 2019. Dia berdalih manajemen talenta dibutuhkan untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G