kumparan
search-gray
News10 Agustus 2019 6:04

Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo

Konten Redaksi kumparan
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56668)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Foto: ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Dalam sebulan terakhir ini, perpolitikan tanah air masih diwarnai kisah 'romantis' antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya bak pasangan kekasih yang sempat berpisah kemudian bersatu kembali, atau bisa disebut Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK).
ADVERTISEMENT
Megawati dan Prabowo, sempat menjadi pasangan capres dan cawapres di 2009. Namun, pada saat itu Megawati dan Prabowo harus kalah dari pasangan SBY - Budiono. Koalisi PDIP - Gerindra ini pun terus berlanjut saat Pilgub DKI tahun 2012, dengan mengusung Jokowi - Ahok.
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56669)
Megawati dan Prabowo saat Pilpres 2009 Foto: AFP/Romeo Gacad
Tapi, koalisi ini kemudian pecah di 2014 lantaran PDIP mengusung Jokowi sebagai capres, dan Gerindra mengusung Prabowo. Sejak saat itu, hingga Pilpres 2019, PDIP dan Gerindra menjadi dua sisi yang berbeda. Satu di pemerintahan, satu menjadi oposisi.
Namun, Pilpres 2019 telah usai. Kedekatan Megawati dan Prabowo kembali terukir. Momen 'CLBK' antara Megawati dan Prabowo pertama kali terjadi saat Prabowo berkunjung ke kediaman Megawati dan disuguhi nasi goreng. Momen kemesraan kedua tokoh itu pun terus berlanjut hingga Kongres V PDIP di Bali.
ADVERTISEMENT
Berikut kumparan rangkum kemesraan Megawati dan Prabowo yang terjalin belakangan ini:
  1. Makan Nasi Goreng Bareng
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56670)
Pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar. Foto: Dok. Istimewa
Prabowo bertandang ke rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019. Menurut Megawati, pertemuan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Namun, belum terlaksana karena kesibukan masing-masing di Pemilu 2019.
Megawati mengatakan, Prabowo terus mengajak Megawati untuk bertemu. Khususnya agar bisa makan nasi goreng buatan Megawati.
"Karena beliau ini menagih terus. Beliau katakan, karena katanya nasi goreng yang saya buat itu enak sekali, katanya. Tapi ternyata setelah dibuktikan, iya memang enak ya bu, sering-sering diundang makan nasi goreng," ujar Megawati.
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56671)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Foto: ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Presiden kelima RI ini mengatakan, masakan nasi gorengnya ternyata membawa dampak positif bagi politik tanah air. Selain itu, Megawati mengatakan, sebagai politikus wanita, ia memiliki keuntungan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Misalnya, dengan keahlian memasak, ia bisa meluluhkan perbedaan pendapat yang ada. Hal ini terbukti dengan politik nasi goreng dalam pertemuan dengan Prabowo.
"Untunglah kalau sebagai perempuan, pemimpin dan politisi. Rupanya ada bagian yang sangat mudah, meluluhkan hati laki-laki. Nah, itu namanya politik nasi goreng yang ternyata ampuh," tutur dia.
  1. Kelakar di Kongres PDIP, Megawati Sapa Mas Bowo
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56672)
Prabowo Subianto bersalaman dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Kongres V PDIP, di Bali, Kamis (8/8). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kemesraan 'CLBK' Megawati dan Prabowo pun kembali terjadi. Kali ini, Megawati menyapa Prabowo dengan sapaan 'Mas Bowo'. Sapaan Megawati ini dilontarkan saat memberikan pidato politik di Kongres V PDIP di Bali. Prabowo pun hadir karena diundang langsung oleh Megawati.
Megawati senyum-senyum menyapa Prabowo. Dia sebut Prabowo menghangatkan suasana kongres.
"Ketua Umum Gerindra Pak Prabowo Subianto yang juga berkenan hadir menghangatkan Kongres V PDI Perjuangan," sapa Megawati tersenyum.
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56673)
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Wakil Presiden Yusuf Kalla (kiri), Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri), Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin (kedua kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, hadir pada pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8). Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Megawati lalu bercerita soal pertemuannya dengan Prabowo beberapa waktu lalu di kediamannya Jalan Teuku Umar, Jakarta. Megawati menyadari pertemuan itu sangat heboh di media.
ADVERTISEMENT
"Padahal saya cuma tanya, 'Mas nanti mau enggak saya undang ke Kongres PDIP Perjuangan. Kalau ndak mau ya ndak apa-apa. Ternyata beliau mau," ucap Mega masih tersenyum.
"Iya lho, kan capek, ya, kalau disuruh namanya tempur terus. Ya sudahlah nanti tempur lagi di 2024," lanjut Megawati disambut riuh tamu undangan yang hadir.
  1. Megawati Menyukai Foto Prabowo yang Kekenyangan
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56674)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat melihat pameran foto PDIP. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Tak sampai di situ saja. Megawati tampak masih 'rindu' dengan sosok Prabowo yang sempat ia suguhi nasi goreng. Di arena kongres ke-5 PDIP di Bali, terdapat pameran foto-foto kegiatan Megawati.
Didampingi Kepala Situation Room DPP PDIP Prananda Prabowo dan mantan Sekjen Hasto Kristiyanto, Megawati terlihat sangat antusias melihat sejumlah foto yang menggambarkan perjalanan PDIP selama ini.
ADVERTISEMENT
Ketika ditanya foto mana yang paling ia sukai, Presiden kelima RI itu langsung menunjuk fotonya bersama Prabowo saat pertemuan di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.
Momen Kemesraan Politik Megawati - Prabowo  (56675)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk foto dirinya bersama Prabowo Subianto di pameran foto PDIP. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Megawati menyukai foto tersebut karena Prabowo sedang memegang perutnya yang kekenyangan. Kala itu Prabowo menyantap nasi goreng buatan Megawati.
"Karena Pak Prabowo menunjukkan perutnya. Karena kan katanya kenyang," kata Megawati di lokasi sambil tertawa.
"(Ekspresi saya lepas) yang mana? Yang di foto itu (sama Prabowo)? Saya senang saja," pungkas Megawati.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white