News
·
31 Mei 2021 18:38
·
waktu baca 1 menit

Nadiem: Mayoritas ASN Kemristek Pindah ke BRIN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nadiem: Mayoritas ASN Kemristek Pindah ke BRIN (76594)
searchPerbesar
Gedung Kemenristek RI. Foto: Dok. Ristekbrin.go.id
Pemerintah resmi melebur Kemendikbud dan Kemristek menjadi Kemendikbudristek. Kini, muncul pertanyaan baru: bagaimana nasib ASN pegawai Kemristek setelah peleburan?
ADVERTISEMENT
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan mayoritas ASN pegawai Kemristek kini bekerja di berbagai divisi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
"Seinformasi kami, mayoritas mereka dipindah ke berbagai divisi di BRIN. Jadi biar enggak bingung, biar [pindah] ke sana [BRIN]," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senin (31/5).
Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam juga mengungkapkan ada sejumlah ASN Kemenristek yang meminta pindah ke Kemendikbud.
Nadiem: Mayoritas ASN Kemristek Pindah ke BRIN (76595)
searchPerbesar
Mendikbud Nadiem Makarim saat rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8). Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO
"Beberapa staf Ristek/BRIN yang personal ingin pindah ke Kemendikbud bisa pindah," ungkap Nizam.
Keuangan Kemenristek setelah bergabung dengan Kemendikbud juga menjadi pertanyaan. Hingga saat ini, belum ada keputusan apakah Ristek akan berada dalam suatu Dirjen atau Direktorat. Namun, Nadiem memastikan anggaran untuk Ristek tidak akan terpengaruh.
ADVERTISEMENT
"Itu tidak berdampak pada keuangannya. Jadi mau dipisah atau tidak, anggarannya [yang dipakai] yang sudah ditentukan. Jadi itu mohon klarifikasi sebenarnya pemilihan struktur enggak ada pengaruhnya pada anggarannya. Hanya berdampak pada pelaksanaan dan efisiensi penggunaan dan penyerapannya," kata Nadiem lagi.
"Jangan mengira kalau enggak dapat Dirjen, anggarannya enggak bisa lebih besar. Kalau di dalam Dirjen sama memindahkan anggaran lebih mudah malah," pungkasnya.