kumparan
10 November 2019 14:14

NasDem Ancang-ancang Calonkan Anies, Ganjar, Khofifah, RK di 2024

Kongres II NasDem, Surya Paloh, Hi res
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan di pembukaan Kongres II Partai NasDem, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Kandidat capres di Pilpres 2024 mulai ramai dibicarakan. Padahal, gelaran pesta politik lima tahunan itu masih jauh. Jokowi saja belum sebulan genap dilantik sebagai Presiden di periode keduanya.
ADVERTISEMENT
Partai NasDem merupakan salah satu partai yang sudah mulai melirik beberapa kandidat untuk dicalonkan di Pilpres mendatang. Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan setidaknya menyebut ada empat nama yang kini tengah dilirik dan dipertimbangkan.
"Gubernur-gubernur potensial ini ada empat gubernur: Jateng, Jatim, Jabar, DKI. Inilah yang harus kita usung orang-orang ini," kata Zulfan saat ditemui di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).
Zulfan menyebut partainya nanti akan membuat konvensi capres terlebih dahulu. Apabila keempat orang itu memiliki elektabilitas, popularitas, dan kapabilitas, serta diputus layak oleh kader NasDem, bukan tak mungkin akan dicalonkan dalam Pilpres mendatang.
Kongres II NasDem, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pidato pada pembukaan Kongres II Partai NasDem, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
"Kita melihat kan sekarang yang namanya Anies (Baswedan), Ganjar (Pranowo), Khofifah (Indar Parawansa), dan si ini (Ridwan Kamil) kan sama ini. 4 gubernur (di) Jawa ini kan bagus-bagus semua ini, ya tentu lah kita akan bikin konvensi," kata dia.
ADVERTISEMENT
Ketika disinggung kemungkinan Surya Paloh yang jadi capres dari NasDem, Zulfan membantah. Menurut dia, Paloh sudah memutuskan menolak menjadi capres 2024.
"Ya, enggak mungkin kita lah, pak Surya tidak bersedia," kata dia.
"Empat Gubernur. Itu paling tepat. NasDem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti," pungkas Zulfan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan