Novavax Siapkan Vaksin COVID-19 untuk Varian Omicron di Kuartal Keempat 2022

2 Juli 2022 8:30 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Vaksin Novavax. Foto: JUSTIN TALLIS/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Vaksin Novavax. Foto: JUSTIN TALLIS/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Novavax Inc NVAX.O pada Jumat (1/7) mengatakan harapannya untuk menyediakan vaksin COVID-19 yang ditargetkan untuk varian Omicron pada kuartal keempat karena mempercepat pengembangan suntikan untuk melindungi dari subvarian BA.4 dan BA.5.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada Kamis (30/6) merekomendasikan produsen vaksin COVID-19 mengubah desain suntikan booster pada awal musim gugur untuk memasukkan komponen yang disesuaikan untuk memerangi Omicron yang didominasi subvarian BA.4 dan BA.5.
Novavax berharap data praklinis tambahan pada suntikan yang disesuaikan dengan subvarian Omicron yang menyebar cepat di akhir musim panas atau musim gugur.
Perusahaan vaksin, berdasarkan jenis virus sebelumnya, belum disahkan di Amerika Serikat dan saat ini sedang ditinjau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.
Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah mendominasi sejumlah negara. Meski demikian, tingkat keparahannya tidak separah varian Delta.
Sempat terjadi kenaikan kasus akibat varian ini di sejumlah negara seperti Portugal, Afrika Selatan, dan Australia. Namun, kasusnya juga turun dengan cepat.
ADVERTISEMENT