News
·
28 Januari 2021 21:14

NU Channel Siarkan Haul Soeharto

Konten ini diproduksi oleh kumparan
NU Channel Siarkan Haul Soeharto (22178)
Presiden Soeharto menyampaikan pidato usai dilantik. Foto: JOHN MACDOUGALL / AFP
Haul akbar almarhum Presiden ke-2 RI, Soeharto, digelar malam ini, Kamis (28/1). Haul diselenggarakan secara virtual melalui channel Youtube PBNU, NU Channel.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan kumparan, acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Acara yang diselenggarakan oleh keluarga Soeharto ini mulai 1 jam lebih lambat dari agenda awalnya, yaitu pukul 19.00 WIB.
Namun hingga saat ini, belum terlihat satu pun keluarga inti Soeharto dalam acara ini. Anak-anak Soeharto yaitu Tommy Soeharto, Bambang Trihatmojo, Titiek Soeharto, Siti Hardijanti Rukamana, Sigit Harjojudanto, dan Siti Hutami Endang Adiningsih tidak terlihat menghadiri acara ini secara virtual.
Demikian pula dengan kader Partai Berkarya yang tidak terlihat mengikuti haul ini baik secara daring.
NU Channel Siarkan Haul Soeharto (22179)
Acara haul akbar Presiden Soeharto. Foto: Dok. Istimewa
Acara dimulai dengan ceramah. Ceramah berlangsung selama sekitar 20 menit, kemudian dilanjutkan dengan salawat. Tak diketahui siapa yang memberikan ceramah karena tak disampaikan. Selain itu, tak ada tokoh NU yang tampak hadir secara virtual.
ADVERTISEMENT
Acara berlangsung sekitar satu jam. Sekitar pukul 21.00 WIB, setelah salawat, live streaming melalui NU Channel tak lagi bisa diakses.
Sebelumnya, Ketua PBNU Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Robikin Emhas membantah pihaknya menyelenggarakan haul Soeharto. Dalam agenda yang beredar, Katib Syuriah PBNU KH Dr Mujib Qulyubi dan Ketua PBNU KH Dr Marsudi Syuhud disebut akan hadir dalam acara ini.
"Tidak ada. PBNU sedang mempersiapkan rangkaian peringatan harlah NU yang puncak harlahnya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Rajab 1442 yang bertepatan tanggal 28 Februari 2021," kata Robikin dalam keterangannya.
"Jadi PBNU tidak ada kaitannya dengan kegiatan tersebut," tegasnya.
Presiden Soeharto lahir di Kemusuk, Yogyakarta, pada 8 Juni 1921 dan meninggal dunia di Jakarta, pada 27 Januari 2008 bertepatan dengan 18 Muharram 1329 H. Saat wafat usia beliau 86 tahun.
ADVERTISEMENT