kumplus- Lipsus Paracetamol- Cover
11 Oktober 2021 9:40
ยท
waktu baca 12 menit

Obat Pereda Nyeri di Muara Kali (2)

Laut Jakarta tercemar bukan hal baru. Namun, kali ini ada zat cemaran baru yang bikin dahi bekernyit: paracetamol. Ada kandungan 610 nanogram/liter paracetamol di Angke dan 420 ng/l di Ancol. Jumlah ini relatif tinggi dibanding negara lain.
Bagaimana obat pereda nyeri ini mengalir sampai Teluk Jakarta? Siapa yang membuangnya ke sana? Apakah itu kumpulan sisa paracetamol warga Jakarta dan sekitarnya yang kerap sakit kepala menghadapi kehidupan ibu kota? Ataukah ada pihak lain yang bertanggung jawab? Dan apa bahaya paracetamol di laut itu bagi lingkungan?
kumparan menemui peneliti oseanografi BRIN Wulan Koagouw yang menginisiasi riset paracetamol tersebut, dan mencoba menelusuri sumber-sumber pencemaran. Langganan kumparan+ untuk membaca laporan lengkapnya.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Laut Jakarta tercemar paracetamol. Bagaimana obat sakit kepala itu mengalir sampai ke laut? Siapa yang membuangnya dan apa bahayanya bagi lingkungan? Siapa juga yang mesti bertanggung jawab? Pemprov DKI tak tinggal diam. Klik laporannya di bawah.