kumparan
7 Juni 2019 18:25

Ombudsman Sidak ke Damkar Jakut dan RSUD Koja, Tak Temukan Pelanggaran

Ombusdman Republik Indonesia sidak ke RSUD Koja. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Ombudsman RI menggelar sidak di sejumlah instansi, termasuk Damkar Jakut dan RSUD Kota, untuk memantau kesiapan pelayanan publik di libur lebaran, Jumat (7/6). Saat mengecek kelayakan di Damkar Jakut, Ombudsman tidak menemukan malprosedur.
ADVERTISEMENT
"Damkar DKI memang di atas yang lain, jauh di atas yang lain. Jadi kalau tadi dibilang bahwa personel masih kurang, kalau kota lain jauh lebih kurang, belum dari sisi peralatan dan anggaran," kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala di lokasi, Jumat (7/6).
Meski demikian, pihaknya tetap memberikan catatan terkait masalah regulasi, asupan kompetensi, hingga jaminan kesehatan bagi personel Damkar. Ia juga menyoroti soal kecanggihan peralatan yang dimiliki pihak Damkar untuk masalah penyelamatan.
"Ada perluasan peran dari Damkar, tidak hanya mengurusi kebakaran tapi juga penyelamatan. Tapi ada masalah dalam hal itu, sebagai rescue, jenis peralatan yang ada kurang canggih. Di luar negeri itu jauh lebih canggih," tuturnya.
Ombusdman Republik Indonesia sidak ke RSUD Koja. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Sementara itu, saat berkunjung ke RSUD Koja, Adrianus menilai pelayanan medis di rumah sakit tersebut berjalan normal dan layak. Meskipun seluruh direksi RSUD tidak ada di lokasi karena tengah mengambil cuti lebaran.
ADVERTISEMENT
"Kelihatannya semua direksi sedang cuti dan ini diserahkan kepada suster kepala. Apakah itu cukup? Saya enggak tahu. Manajemen rumah sakit sebesar ini ditangani oleh suster kepala, saya enggak tahu ya," kata dia.
Ia juga mempertanyakan jumlah dokter yang tersedia di UGD. Pasalnya, UGD di RSUD Koja dinilai cukup ramai saat libur lebaran.
"Sepertinya sibuk sekali, hanya ditangani oleh tiga dokter dengan sekian puluh medis. Apakah ini cukup? Saya juga enggak tahu," tutup Andrianus.
Sebelum meninjau dua lokasi ini, Ombudsman sudah terlebih dahulu menyidak Rutan KPK, Puskesmas Setia Budi, Polsek Cempaka Putih, Rutan Kelas II Pondok Bambu, dan Depo Pertamina Plumpang. Hasil sidak akan dijadikan bahan evaluasi untuk instansi dan kementerian terkait.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan