kumparan
News13 Maret 2018 9:07

Paket Data Smartphone di Bali Dipastikan Mati Saat Nyepi

Konten Redaksi kumparan
Iklan imbauan tidak selfie saat Nyepi di Denpasar
Iklan imbauan tidak selfie saat Nyepi di Denpasar (Foto: Cisilia Agustina Siahaan/kumparan)
Usulan nonaktif internet selama Hari Raya Nyepi pada 17 Maret 2018 mendatang disetujui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali telah rapat bersama Kemenkominfo dan sejumlah provider di Jakarta untuk membahas rencana tersebut.
ADVERTISEMENT
Kadiskominfos Provinsi Bali I Nyoman Sujaya mengatakan, setelah diadakan rapat di Jakarta pada Senin (12/3), pihak Kemenkominfo menyetujui usulan tersebut. Mengacu pada poin 4 Surat Edaran terkait Nyepi, bahwa diusulkan untuk paket internet khusus smartphone akan dimatikan selama 24 jam mulai dari Sabtu (17/3) pukul 06.00 Wita hingga Minggu (18/3) pukul 06.00 Wita.
"Sudah kemarin ada rapat di Jakarta dengan Kementerian, mereka setuju untuk usulan tersebut. Jadi dipastikan saat Nyepi internet khusus paket data pada smartphone akan dimatikan. Provider bersangkutan juga hadir kemarin dan menyetujui," ujar Sujaya kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (13/2).
Nyepi di Bali
Hari Raya Nyepi di Bali. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)
Hari ini, tambah Sujaya, akan ditindaklanjuti berupa diturunkannya surat resmi dari Kemenkominfo kepada para provider.
Sementara untuk internet wi-fi yang menggunakan fiber optic, khusus untuk di tempat-tempat strategis seperti Rumah Sakit, kantor polisi, dan tempat pelayanan publik lainnya yang memang tetap beroperasi pada Nyepi, masih bisa berjalan.
ADVERTISEMENT
"Jadi dikhususkan untuk paket data pada smartphone saja (yang dilarang)," tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan