News
·
30 Oktober 2019 18:48

Paloh soal NasDem Berseberangan dengan Jokowi: Semua Kemungkinan Ada

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Paloh soal NasDem Berseberangan dengan Jokowi: Semua Kemungkinan Ada (118119)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba di DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Ketua Umum NasDem Surya Paloh menggelar pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Pertemuan ini memunculkan skenario apakah NasDem mulai berpaling dari koalisi Jokowi-Ma'ruf dan menyeberang bergabung dengan PKS.
ADVERTISEMENT
Usai pertemuan, Paloh ditanya soal kemungkinan NasDem berseberangan dengan pemerintah Jokowi-Ma'ruf, bahkan menjadi oposisi. Menurut dia, dalam politik, segala kemungkinan terbuka.
"Bukan masalah ada kemungkinan (NasDem) akan berhadapan dengan pemerintah atau tidak. Seluruh kemungkinan kan ada saja. PKS di luar kan bisa jadi ada di dalam. Saya kira ada (kemungkinan PKS ke dalam pemerintahan), kita tak tahu itu kapan," ujar Paloh di kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).
"Tapi probability, teori kemungkinan itu, semuanya harus dilakoni dengan pikiran yang sehat dan baik," lanjut Paloh.
Paloh mengaku tak khawatir dengan persepsi NasDem bisa menjadi duri dalam daging di koalisi Jokowi-Ma'ruf. Apalagi setelah NasDem bertemu dengan jajaran petinggi PKS.
ADVERTISEMENT
Menurut Paloh, toh tak ada salahnya NasDem dan PKS berkomunikasi serta bertukar ide untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia ke depan.
Paloh soal NasDem Berseberangan dengan Jokowi: Semua Kemungkinan Ada (118120)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (tengah) didampingi Sekjen Partai Nasdem, Johnny G. Plate (kanan) dan Bendahara Umum Ahmad M Ali saat tiba di DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"Kami bisa lebih hangat bersama, kami bisa sharing ide bersama, nah itu sebetulnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dan kami percaya itu memberikan sumbangsih bagi satu proses pendidikan politik yang ada di negeri ini," ucapnya.
Menanggapi pernyataan Paloh, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Fraksi NasDem dan Fraksi PKS di DPR akan melakoni fungsi check and balances ke pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Namun, kritikan kepada pemerintahan yang disampaikan oleh PKS dan NasDem tentu berbeda.
"Kalau nanti Bang Surya dan pasukannya itu kritis kepada pemerintah saya kira tetap disadari oleh kesadaran bahwa NasDem ada di dalam pemerintahan. Tentu kritiknya berbeda dengan PKS," tutup Sohibul.
ADVERTISEMENT