kumparan
News17 Februari 2019 13:21

Pangeran MbS Bertolak ke Pakistan, Bawa Investasi Menggiurkan

Konten Redaksi kumparan
Muhammad bin Salman
Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman. Foto: AFP/Tolga Ekman
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) dilaporkan telah bertolak dan akan tiba di Pakistan, Minggu (17/2). Pakistan akan menyambut dengan meriah MbS yang datang membawa investasi yang menggiurkan.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, MbS dijadwalkan tiba di Islamabad dan akan berada di negara itu hingga Senin (18/2). Kedatangan MbS akan menjadi angin segar bagi Pakistan di tengah ancaman isolasi dari negara tetangga, India.
Pakistan tengah berseteru dengan India menyusul pengeboman di wilayah sengketa Kashmir yang menewaskan 44 orang pekan ini. Menurut India, serangan tersebut dilakukan kelompok teroris yang disokong Pakistan. Tudingan itu dibantah keras.
Saudi sejauh ini telah menjadi salah satu penyumbang investasi terbesar bagi Pakistan. Dalam beberapa bulan terakhir, Saudi telah memberi pinjaman hingga USD 6 miliar bagi negara itu.
Imran Khan
Imran Khan berpidato jelang pemilihan umum di Pakistan. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Dalam kunjungan kali ini, MbS juga diperkirakan akan meneken kesepakatan investasi Saudi di Pakistan senilai lebih dari USD 10 miliar. MbS juga dilaporkan membawa serta 1.000 pejabat dan pengusawa Saudi ke Pakistan.
ADVERTISEMENT
Itulah sebabnya, menurut para pengamat, MbS adalah tamu negara terpenting bagi Pakistan setelah Presiden China Xi Jinping pada 2015. Ketika itu Xi membawa investasi miliaran dolar untuk pembangunan infrastruktur di Pakistan dalam proyek Jalur Sutra baru.
Pakistan telah menutup wilayah udara mereka untuk kedatangan MbS. Keamanan juga diperketat di ibu kota. MbS akan menjadi tamu negara pertama yang bermalam di istana Perdana Menteri Imran Khan, yang menolak menempatinya dengan alasan berhemat.
Pakistan adalah pemberhentian pertama dalam tur Asia MbS pekan ini. Sebelumnya MbS juga dijadwalkan mengunjungi Indonesia dan Malaysia, namun ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.
Setelah Pakistan, MbS dijadwalkan bertolak ke India dan mengakhiri turnya di China.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan