kumparan
News18 Februari 2019 9:21

Pangeran MbS Kucurkan Investasi Saudi USD 20 Miliar untuk Pakistan

Konten Redaksi kumparan
Mohammed Bin Salman, Imran Khan, Perdana Menteri Pakistan
Mohammed Bin Salman (kiri) bertemu Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan (kanan), di Rawalpindi, Pakistan. Foto: Press Information Department (PID)/Handout via REUTERS
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) mengucurkan investasi dari negaranya sebesar USD 20 miliar di Pakistan. Nilai investasi yang sangat dibutuhkan Pakistan ini jauh lebih besar dari perkiraan semula.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, dalam kunjungannya ke Islamabad pada Minggu (17/2) MbS mengatakan nilai investasi itu hanya awalan dari peningkatan hubungan ekonomi Saudi-Pakistan.
"Nilainya besar untuk tahap 1, dan jelas nilainya akan terus meningkat setiap bulan dan setiap tahunnya, dan ini akan menguntungkan kedua negara," kata MbS.
"Negara kami bersaudara, negara yang bersahabat dengan Pakistan. Kami berjalan beriringan dalam waktu sulit dan mudah, dan hubungan kami akan terus berlanjut," lanjut dia.
Pakistan, Islamabad
Tentara Pakistan sedang berpatroli di jalan melewati poster Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman di Islamabad. Foto: AFP/AAMIR QURESHI
Sebelumnya MbS diperkirakan akan membawa investasi ke Saudi dengan nilai USD 10 miliar ke Pakistan. Saudi sejauh ini telah menjadi salah satu penyumbang investasi bagi Pakistan. Dalam beberapa bulan terakhir, Saudi telah memberi pinjaman hingga USD 6 miliar bagi Pakistan yang tengah kesulitan membayar utang ke IMF.
ADVERTISEMENT
Membawa uang banyak, menurut para pengamat, MbS menjadi tamu negara terpenting bagi Pakistan setelah Presiden China Xi Jinping pada 2015. Ketika itu Xi membawa investasi miliaran dolar untuk pembangunan infrastruktur di Pakistan dalam proyek Jalur Sutra baru.
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyambut langsung MbS di bandara militer di kota Rawalpindi. Khan sendiri yang menyupiri MbS dengan mobilnya ke Islamabad, tentunya dengan pengawalan super ketat.
Mohammed Bin Salman, Imran Khan, Perdana Menteri Pakistan
Mohammed Bin Salman (kanan) bertemu Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan (kiri), di Rawalpindi, Pakistan. Foto: Press Information Department (PID)/Handout via REUTERS
MbS menjadi tamu negara pertama yang tinggal di istana perdana menteri. Khan tidak menempati istana tersebut dengan alasan menghemat uang negara.
"Arab Saudi selalu menjadi sahabat ketika dibutuhkan, itulah mengapa kami sangat menghargainya. Saya ingin berterima kasih atas bantuan anda di saat sulit ini," kata Khan.
ADVERTISEMENT
Pakistan menjadi negara pertama dalam tur Asia MbS pekan ini. Sebelumnya MbS juga dijadwalkan mengunjungi Indonesia dan Malaysia, namun ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.
Setelah Pakistan, MbS dijadwalkan bertolak ke India dan mengakhiri turnya di China.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan