kumparan
23 Agustus 2018 14:43

Panglima TNI Beri Beasiswa untuk Reza Mangar yang Beraksi Mirip Joni

Panglima TNI Beri Jatah 1 Juta/Bulan Kepada Reza Si Panjat Tiang Bendera. (Foto: Dok. TNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan akan memberi uang senilai Rp 1 juta per bulan untuk Reza Mangar. Anak berusia 13 tahun itu dinilai telah melakukan aksi heroik untuk bangsa.
ADVERTISEMENT
Reza diundang secara khusus oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jakarta. Dalam pertemuan itu, Marsekal Hadi menegaskan bahwa Reza harus tetap bersekolah.
“Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 1.000.000 per bulan sampai lulus itu tidak boleh digunakan untuk beli rokok apalagi beli miras dan beli narkoba, tapi Reza harus khusus dipakai khusus untuk beli kaperluan sekolah”, kata Marsekal Hadi dalam keterangan tertulis, Kamis (23/8).
Kedatangan Reza untuk bertemu Panglima TNI di Jakarta dikarenakan aksinya yang memanjat tiang bendera. Kala itu Reza memanjat tiang demi memperbaiki tali yang putus saat Upacara HUT ke 14 Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku,pada 17 Agustus 2018.
Panglima TNI Beri Jatah 1 Juta/Bulan Kepada Reza Si Panjat Tiang Bendera. (Foto: Dok. TNI)
Reza sendiri merupakan seorang anak yatim piatu yang putus sekolah. Oleh sebab itu, Marsekal Hadi menyampaikan bahwa Reza harus dapat bersekolah untuk mencapai cita-citanya.
ADVERTISEMENT
“Kodim dan Koramil harus bisa bina semua generasi muda sehingga kelak mereka bisa menjadi anak-anak yang pintar dan berguna bagi bangsa dan negara, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa ini”, tambahnya.
Hadir dalam pertemuan tesebut Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhillah, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo dan Danramil 1503-03 Dobo Lettu Inf Doddy Masoay. (Pendam16)
Aksi yang dilakukan Reza mengingatkan pada aksi yang dilakukan Johannes Adekalla atau Joni. Joni merupakan seorang anak yang memanjat tiang bendera di tengah jalannya upacara di Kabupaten Atambua, NTT. Sebelumnya, Marsekal Hadi juga telah memberikan hadiah serupa kepada Joni.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan