PDIP Bahas 3 Isu di Rakernas V: Sikap Terhadap Prabowo-Gibran hingga Pilkada

16 Mei 2024 20:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat (tengah) menyampaikan keterangan terkait pelaksanaan Rakernas IV PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat (tengah) menyampaikan keterangan terkait pelaksanaan Rakernas IV PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PDIP akan membahas tiga hal kunci dalam Rakernas V pada 24-26 Mei di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara.
ADVERTISEMENT
Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menjelaskan dalam rakernas akan ada forum yang sifatnya terbuka dan yang tertutup.
"Dalam Rakernas itu nanti ada beberapa forum yang nanti akan dilakukan baik itu paparan dari Ketua DPP, maupun pengarahan tertutup dari Ibu Ketua Umum (Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri)," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (16/5).
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memberikan sambutan saat rapat pleno di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Ketua DPP PDIP itu mengatakan, akan dibahas 3 topik utama yang dibagi beberapa klaster. Klaster pertama, kata Djarot, forum rakernas membahas soal sikap dan posisi partai berlambang banteng moncong putih ini terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.
"Pertama akan ada klaster atau kelompok satu yang akan membahas tentang sikap dan posisi PDIP," tegas Djarot.
ADVERTISEMENT
Klaster kedua kata Djarot, akan membahas tentang program-program kerakyatan yang diperjuangkan oleh partai dan praktiknya harus diwujudkan. Termasuk soal pangan.
Sedangkan klaster ketiga, seluruh peserta rakernas yang terdiri dari 3 pilar partai, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD-DPP, Kepala Daerah dari PDIP dan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota incumbent dan terpilih 2024 akan membahas persiapan Pilkada Serentak.
Termasuk, membahas soal calon serta strategi PDIP dalam pemenangan Pilkada 2024.
"Ketiga strategi pemenangan Pilkada serentak termasuk juga konsolidasinya ini semua sifatnya tertutup," jelas Djarot.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpidato saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023). Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Lebih lanjut, Djarot menjelaskan seluruh pembahasan dalam rakernas V akan disampaikan dalam rekomendasi di hari terakhir atau 26 Mei 2024.
"Nanti hari Minggu, di acara penutupan itu, akan disampaikan rekomendasi dari rakernas yang sifatnya eksternal kepada media," kata Djarot.
ADVERTISEMENT
Rakernas V PDIP mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.