News
·
20 Oktober 2019 19:05

PDIP: Megawati Sudah 2 Kali Bahas Nama-nama Menteri dengan Jokowi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PDIP: Megawati Sudah 2 Kali Bahas Nama-nama Menteri dengan Jokowi (92991)
Presiden Joko Widodo memberikan pidato di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Jokowi mengaku sudah merampungkan kabinet untuk periode 2019-2024. Kabinet baru Jokowi itu rencananya akan diumumkan pada Senin (21/10).
ADVERTISEMENT
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ketum partainya, Megawati Soekarnoputri, telah menyetorkan sejumlah nama untuk kabinet baru Jokowi. Bahkan, Megawati sudah dua kali membahas nama-nama kader PDIP itu dengan Jokowi.
"Nama-nama sudah diserahkan sama Ibu Megawati Soekarnoputri. Sudah dibahas secara mendalam dalam pertemuan sebanyak dua kali," kata Hasto usai pelantikan Jokowi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).
Dia enggan menyampaikan siapa saja kader PDIP yang disodorkan ke Jokowi sebagai kandidat menteri. Hasto menilai lebih baik menunggu pengumuman kabinet baru dari Jokowi.
PDIP: Megawati Sudah 2 Kali Bahas Nama-nama Menteri dengan Jokowi (92992)
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Untuk nomenklatur, Hasto menyebut tidak akan mengalami banyak perubahan dari pemerintahan Jokowi periode pertama. Seluruhnya sesuai dengan UU yang mengatur nomenklatur itu.
"Nomenklatur, dari informasi yang kami tangkap tidak banyak mengalami perubahan, dan menyangkut hal yang pokok sesuai dengan perintah konstitusi dan UU kementerian negara ya," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Hasto mengatakan untuk kabinet yang akan bekerja harus memahami visi dan misi Jokowi untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM).
"Dalam program kerjanya kita tahu, Pak Jokowi punya sebuah visi untuk membangun SDM kita sebagai skala prioritas. Dan dari situlah kita melangkah maju dengan menggunakan seluruh potensi yang kita miliki sebagai bangsa," tuturnya.
Salah satu momen pertemuan Jokowi dan Megawati terjadi pada Selasa (15/10) di Istana Negara, Bogor. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas situasi bangsa dan politik terkini, termasuk masalah kabinet periode 2019-2024.