News
·
6 April 2021 13:07

Pekerjaan Direktur Syam Organizer yang Digeledah Densus 88 di KTP: Buruh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pekerjaan Direktur Syam Organizer yang Digeledah Densus 88 di KTP: Buruh (17665)
Kantor Syam Organizer di Jalan Suryodiningratan, Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Jajaran Detasemen Khusus Densus 88 (Densus 88) Antiteror Mabes Polri menggeledah kantor Syam Organizer di Jalan Suryodiningratan, Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4).
ADVERTISEMENT
Dari penggeledahan tersebut diamankan satu truk dokumen serta sejumlah kaleng seperti kaleng donasi. Lalu seperti apa sosok di balik Syam Organizer ini?
Ketua RW 8 Kumendaman, Muji Raharjo, menjelaskan Syam Organizer mulai mengontrak di wilayahnya pada 2018 akhir. Orang yang mengaku sebagai direktur kantor tersebut dua kali bertamu ke rumahnya.
"Dulu dia (kantornya) di Jalan Sisingamangaraja kontraknya dinaikkan, pindah ke sini. Tahun 2018 mengurus izin domisili di sini," kata Muji ditemui di rumahnya, Selasa (6/4).
"Di sini mulai 14 Agustus 2018. Dulu ke sini kan pegawainya, saya enggak mau (direktur) suruh datang sendiri," ujarnya.
Pekerjaan Direktur Syam Organizer yang Digeledah Densus 88 di KTP: Buruh (17666)
Kantor Syam Organizer di Jalan Suryodiningratan, Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Direktur tersebut, menurut Muji, memperkenalkan diri sesuai KTP yaitu berinisial EE dengan alamat Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Dalam KTP tertera dia bekerja sebagai buruh harian lepas.
ADVERTISEMENT
"Identitas ini sesuai KTP. Tapi saya enggak fotokopi KTP-nya. Di sini aja pekerjaan buruh harian lepas, di KTP juga," ujarnya.
EE kemudian kembali bertamu ke Muji pada 15 November 2019. Kedatangan EE untuk mengurus surat pernyataan usaha.
Dalam dua kali pertemuannya itu, EE menjelaskan bahwa kantornya merupakan LSM kemanusiaan.
"Kedua 15 November 2019. Dia ngurus surat pernyataan usaha. Namanya Yayasan Amal Syam Abadi jenis lembaga sosial kemanusiaan," ujarnya.
Ciri-ciri EE ini berbadan kecil dan memakai kacamata. Saat Muji disodorkan foto terduga teroris yang diamankan Densus 88 di Banyumas berinisial WH, dia tidak bisa memastikan apakah itu EE. Pasalnya EE selama ini berkacamata.
"Mirip. (Tapi EE) orangnya kecil pakai kacamata. Dua kali ke sini," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Selepas dua kali pertemuan itu, Muji mengaku tidak mengetahui keberadaan EE di mana.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: