kumparan
10 Apr 2018 16:33 WIB

Pembuat Jaket Jeans Jokowi Kaget Karyanya Dipakai Touring di Sukabumi

Jokowi touring di Sukabumi dengan motor emas. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Jaket jeans yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat touring ke Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu pagi (8/4) dibuat oleh para seniman anak negeri yang tergabung dalam brand Nevertoolavish. Mereka tak menyangka karyanya akan dipakai Jokowi untuk touring di Sukabumi.
ADVERTISEMENT
"Enggak nyangka juga sih, tapi memang kemarin beliau (Jokowi) bilang mau dipakai touring tapi kalau enggak salah yang kita dengar itu yang di Kalimantan," kata Lead Artist Nevertoolavish, Bernhard Suryaningrat saat ditemui kumparan (kumparan.com) di kantornya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (9/4).
Bernhard dan Azka Nevertoolavish (Foto: Retno Wulandhari/kumparan)
Berhard tak menyangka jaket karya dia dan teman-teman di Nevertoolavish yang berjumlah 9 orang akan viral setelah dipakai Jokowi. Dia bersyukur karena Jokowi membuat produk mereka semakin dikenal publik.
"Enggak nyangka akan secepat ini sih (dikenal), tapi emang visi-misi kita dari awal supaya orang emang lebih banyak tahu kita sih, tapi enggak nyangka akan secepat ini. Mungkin karena ini Bapak Jokowi, jadi langsung wusss," ucap pria yang hobi grafiti ini.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, seluruh tim di Nevertoolavish sangat terkesan dan berterima kasih karena Jokowi mau menghargai karya mereka. Bernhard berharap seniman-seniman seperti mereka bisa lebih mendapat perhatian dari pemerintah.
"Mungkin bisa selanjutnya pemerintah lebih support dengan seniman lokal. Bisa mewadahi seniman-seniman dan ikut event-event internasional. Lebih mengembangkan seniman Indonesia ke depan, terlebih di industri kreatif seperti ini," ucapnya.
Video
Senada dengan Bernhard, Azka, tim marketing Nevertoolavish juga berharap pemerintah menyediakan wadah agar para seniman anak negeri bisa berkembang dan bersaing dengan karya luar.
"Kalau di luar kan di US , Europe, untuk yang seperti ini (custom) kan memang sudah lama ya, dan di Indonesia bisa dibilang masih baru, dan mudah-mudahan kita ada support sih dari pemerintah bukan hanya di lokal namun juga internasional," kata Azka.
ADVERTISEMENT
Azka mengaku senang karena saat ini karya mereka lebih dikenal, dan peminatnya juga semakin bertambah.
"Kita dari kemarin searching di Google terus kan, di TV juga menyebutkan tentang jaket itu, excited banget sih, mereka merasa bahwa karya mereka benar-benar dihargai banget," ungkapnya.
Desain jaket Jokowi memang terlihat nasionalis. Di bagian dada jaket jeans terdapat gambar peta Indonesia yang dicat warna merah dan putih. Kemudian di bagian punggung tertulis 'Indonesia' dengan gambar budaya serta kesenian NKRI. Lalu di bagian tangan terlihat tulisan Indonesia 1.
Jaket ikonik tersebut didesain oleh seniman lokal yang tergabung dalam brand Nevertoolavish. Jokowi memesan langsung jaket tersebut saat mengunjungi pameran Jakarta Sneakers Day pada 3 Maret lalu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan