kumparan
19 Februari 2018 10:28

Pemprov DKI Bentuk Tim Penyidik Selesaikan Dugaan Prostitusi di Alexis

Hotel Alexis
Hotel Alexis. (Foto: Dok. ikungadiwar via TripAdvisor)
Alexis membantah pernyataan Gubernur DKI Anies Baswedan yang menyebut Pemprov DKI telah memeriksa pihak Alexis lantaran menjadikan 4play tempat prostitusi. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang disebutkan Anies, juga belum pernah ditunjukkan hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Kepala Bidang Penindakan dan Pengawasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tony Bako, tidak mempermasalahkan sanggahan dari pihak Alexis. Tony mengatakan, Pemprov DKI sudah memiliki bukti BAP tersebut.
“Ada (BAP). Pas kita panggil kan kita tanya ini ini a, b, c, d, gitu. Biar saja Alexis bantah, silakan saja. Hak dia itu kan. Tapi nanti akurat ya kita sidik aja,” kata Tony saat dihubungi, Senin (19/2).
Tony menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan Pemprov DKI terhadap Alexis dilakukan melalui beberapa tahap. Menurutnya, tahap pencarian keterangan awal sudah bisa dijadikan BAP.
“Setelah itu, karena Alexis menyangkal dan bantah maka kita harus lanjutkan dengan tindakan sidik lewat penyidikan,” tambahnya.
Tony menjelaskan, saat ini Disparbud akan membentuk tim penyidik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tim penyidik itu berasal dari Disparbud, Korwas Polda, Cybercrime Polri, dan Satpol PP.
Hotel Alexis di Jakarta
Hotel Alexis di Jakarta (Foto: REUTERS/Beawiharta)
“Iya jadi tim penyidik, tinggal nanti tim penyidik yang jalan. Soalnya ini kan hukum, ya. Pencemaran nama baik segala macam kan. Bisa nanti di PTUN kalau enggak bersalah, kalau enggak terbukti,” terang Tony.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Tony mengungkapkan Disparbud tidak bisa menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat. Ia hanya berharap permasalahan tersebut segera selesai dengan baik.
“Ya enggak tahu (kapan selesainya), kan tim penyidik yah. Kita harus hati-hati, enggak boleh menyalahkan orang, Jangan salah kalau mengeluarkan keputusan. Tiba-tiba dia bantah dia ada banding segala macam enggak tahu, ya,” ujar Tony.
Permasalahan soal prostitusi di Alexis kembali muncul setelah beredarnya video yang menunjukkan adanya prostitusi di 4play, salah satu tempat hiburan di Alexis. Dari video yang beredar itu, Anies menyebut, Pemprov DKI telah memeriksa pihak Alexis terkait pelanggaran yang mereka lakukan.
Namun, Legal Consultant Alexis, Lina Novita, mengatakan, pihaknya tak pernah diperiksa oleh Pemprov DKI. Ia juga meminta kepada Pemprov DKI untuk menunjukkan BAP atas pemeriksaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan