kumparan
4 Juni 2018 19:29

Pemprov DKI Tetap Akan Pasang Pohon Imitasi Sebelum Lebaran

Pohon imitasi
Pohon imitasi di dekat Monas. (Foto: Dok. Istimewa)
Pemprov DKI Jakarta belum menentukan akan kembali memasang pohon imitasi di jalan protokol atau tidak. Pemasangan kembali akan sangat tergantung pada keinginan warga DKI.
ADVERTISEMENT
"Tergantung warga, kalau mau pasang saya pasang lagi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta Yuli Hartono dalam konferensi pers di kantor Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Jalan Taman Jatibaru, Cideng, Senin (4/6).
Yuli mengatakan, sebenarnya banyak juga masyarakat yang ingin pohon imitasi itu tetap dipasang untuk memperindah Jakarta. Untuk itu, Yuli berniat merencanakan ulang pemasangan pohon imitasi ini.
"Saya akan rencanakan ulang, saya akan koordinasi dengan Pak Wali Kota lagi, dengan (Dinas) Pertamanan," terangnya.
Yuli berdalih, kesalahan pemasangan pohon imitasi hanya ada di dua titik. Kedua titik itu memang mengganggu akses pejalan kaki di trotoar. Tapi, karena kesalahan pemasangan di dua titik itu justru berdampak pada seluruh pohon imitasi.
ADVERTISEMENT
"Ada satu titik pohon yang menghalangi pejalan kaki, yang warna hijau itu di BI . Dan ada 1 jalur warna putih yang menghalangi jalan difabel," jelasnya.
Yuli memastikan akan kembali memasang pohon imitasi itu sebelum Idul Fitri dan Asian Games. Tentu pemasangan pohon diletakkan di tempat yang tidak mengganggu pejalan kaki dan bila warga menghendaki.
"Saya sudah merencanakan ulang, tidak berjejer dan tidak mengganggu pedestrian. Jujur aja ya warga di perkantoran-perkantoran minta loh di Jalan Thamrin di Jalan Merdeka. Iya ada evaluasi, kalau begitu kita taruh di tempat yang aman deh. Mungkin saya taruh di Patung Kuda, yang enggak ada lalu lalangnya (pejalan kaki)," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan