News
·
28 Desember 2020 18:03

Pemprov Jabar Tawarkan Sistem Kelola Limbah Medis Corona Jabodetabek

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pemprov Jabar Tawarkan Sistem Kelola Limbah Medis Corona Jabodetabek (20180)
Doni Monardo bersama Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Senin (28/12). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menyebut penanganan limbah medis selama pandemi corona akan dibantu oleh Pemprov Jabar. Pihak Pemprov Jabar akan menyediakan sistem pengolahan limbah medis dari Jabodetabek dan Jabar.
ADVERTISEMENT
"Tadi Pak Gubernur (Jabar) menawarkan sistem untuk pengolahan limbah medis dan kami berterima kasih," kata Doni di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (28/12).
Pemprov Jabar Tawarkan Sistem Kelola Limbah Medis Corona Jabodetabek (20181)
Petugas mensterilkan "wheeled bin" atau wadah limbah beroda berisi limbah medis infeksius menggunakan cairan disinfektan di PT Jasa Medivest Plant, Plant Dawuan, Karawang, Jawa Barat. Foto: Muhamad Ibnu Chazar/ANTARA FOTO
Doni menyebut pengolahan limbah medis itu dilakukan sesuai ketentuan di Kemenkes dan mengacu pada standar WHO. Sehingga tak ada lagi limbah yang dibuang ke laut ataupun sungai.
"Kita semua melihat Citarum sudah mengalami perbaikan yang bagus, ini harus kita jaga, jangan gara-gara kita lalai melalui limbah medis maka Citarum menjadi kotor kembali," ujar Doni yang pernah memimpin pembersihan Sungai Citarum ini.
"Oleh karenanya kami dari pusat akan memanfaatkan fasilitas milik BUMD Jabar dalam pengelolaan limbah medis," imbuhnya.