kumparan
News25 Maret 2020 14:42

Pemprov Jatim Siapkan 2 Hotel untuk Rumah Singgah Tenaga Medis Corona

Konten Redaksi kumparan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Provinsi Jawa Timur menyiapkan dua hotel di Surabaya sebagai rumah singgah bagi tim medis yang menangani kasus COVID-19. Dua hotel itu adalah Hotel Varna di Jalan Tunjungan dan Hotel Bekizaar di Jalan Basuki Rahmat.
ADVERTISEMENT
“Saya rasa ini tempat yang dianggap memberikan suasana yang (memberi) convenience (kenyamanan), kita akan melihat probability-nya di mana beliau-beliau berkenan,” ujar Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (25/3).
“Rumah singgah untuk dokter, paramedik, dan perawat yang melayani itu. Ini kan rumah sakit di mana-mana ambillah yang terdekat (misal) RSUD Soetomo, RSUD Syaiful Anwar,” lanjutnya.
Khofifah menyebut dua hotel itu siap kapan pun bila dibutuhkan oleh petugas medis beristirahat hingga melakukan relaksasi.
BPBD Jatim menyemprotkan cairan disinfektan
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyemprotkan cairan disinfektan di dalam Bus Suroboyo di Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
“Itu gampang, enggak pakai mulai (kapan). Saiki (sekarang) lho iso (bisa digunakan oleh tim medis),” terangnya. Namun, ia tak merinci berapa jumlah kamar yang bisa digunakan tim medis untuk beristirahat.
Sebelumnya, Khofifah menyebut akan memanfaatkan dua hotel BUMD di Surabaya sebagai rumah singgah bagi tim medis, yaitu Hotel Bekizaar dan Hotel Varna. Fasilitas ini dinilai bisa membantu mengurangi tekanan bagi tim medis di tengah pendemi virus corona.
ADVERTISEMENT
"Pemprov Jawa Timur ini punya hotel sederhana. Sehingga para tenaga medis dan paramedik sama-sama bisa mendapat ruang istirahat yang nyaman, dekat dengan rumah sakit di mana mereka melayani. Itu akan sangat baik," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (24/3).
---
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!