News
·
30 Juni 2020 14:03

Penularan Corona Menurun, Kini Tak Ada Kecamatan Zona Merah di Sleman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penularan Corona Menurun, Kini Tak Ada Kecamatan Zona Merah di Sleman (250449)
Relawan pemakaman pasien corona di markas PMI Kabupaten Sleman DI Yogyakarta. Foto: Dok. Humas PMI Kabupaten Sleman
Kabupaten Sleman menjadi wilayah dengan kasus corona tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan data Gugus Tugas COVID-19 DIY, terdapat 123 kasus positif corona dengan rincian 102 orang sembuh, 17 dirawat, dan 4 meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
Jumlah kasus corona di Sleman lebih dari sepertiga kasus corona di DIY yakni sebanyak 306 kasus. Namun sekarang kondisi penularan corona di Sleman mulai menurun.
Jika sebelumnya ada empat kecamatan di Sleman yang masuk zona merah yaitu Gamping, Mlati, Depok, dan Ngemplak. Saat ini, sudah tak ada kecamatan di Sleman yang masuk zona merah.
Dari catatan Pemkab Sleman, kini tujuh kecamatan masuk zona oranye, sembilan kecamatan zona kuning, dan satu kecamatan zona hijau. Pemkab Sleman menyebut tujuh kecamatan yang masuk zona oranye yakni Kecamatan Sleman, Depok, Prambanan, Ngaglik, Gamping, Godean, dan Mlati.
Kabag Humas dan Protokol Setda Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, mengatakan data Pemkab Sleman merupakan kondisi per 28 Juni.
ADVERTISEMENT
"Zona merah jika ada transmisi lokal yaitu generasi 2 ke generasi 3 yang secara epidemiologi bisa dibuktikan. Zona merah bisa turun menjadi oranye jika dari kasus terakhir di generasi tersebut tidak menularkan ke generasi berikutnya," kata Shavitri pada Selasa (30/6).
Penularan Corona Menurun, Kini Tak Ada Kecamatan Zona Merah di Sleman (250450)
Sejumlah warga menunggu untuk melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) Corona masal di GOR Pangukan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (12/5). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Shavitri menambahkan, data tersebut berdasarkan pemantauan terakhir dari setiap puskesmas, turunnya laporan OTG yang memeriksakan diri, dan kajian epidemiologi.
"Penjelasan Pak Dinkes untuk zona merah apabila dalam satu bulan terakhir terdapat penularan setempat. Baik Tegalsari Wedomartani, Karangbajang Tlogoadi, Jitengan Balecatur maupun Manggung Catur Tunggal (wilayah di kecamatan yang sebelumnya zona merah) sudah lebih dari sebulan tidak ada laporan penularan, sehinga menjadi oranye," pungkasnya.
Berikut kriteria status epidemiologi kasus COVID-19 di Sleman:
ADVERTISEMENT
  • Zona Merah: Jika ada salah satu desa atau lebih di wilayah kecamatan dalam satu bulan terakhir terdapat penularan setempat atau transmisi lokal.
  • Zona Oranye: Jika ada lebih dari satu desa di wilayah kecamatan terdapat kasus positif aktif.
  • Zona Kuning: Jika ada salah satu desa di wilayah kecamatan pernah atau masih ada kasus positif.
  • Zona Hijau: Jika tidak pemah ada kasus positif di desa wilayah.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.