News
·
12 Oktober 2020 9:04

Penumpang KRL Naik di Hari Pertama PSBB Transisi, di Stasiun Bogor Tambah 20%

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penumpang KRL Naik di Hari Pertama PSBB Transisi, di Stasiun Bogor Tambah 20% (539883)
Warga menggunakan masker dan pelindung wajah saat menggunakan KRL dari stasiun Bogor. Foto: Adek Berry/AFP
Di hari pertama PSBB Transisi Jakarta, penumpang KRL pada Senin (12/10) hingga pukul 07.00 WIB tercatat sebanyak 70.634 orang. PT KCI mencatat jumlah tersebut meningkat tujuh persen dibandingkan pada Senin pekan lalu.
ADVERTISEMENT
VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, mengatakan situasi di stasiun relatif kondusif meski ada kenaikan jumlah penumpang 7% dibanding Senin pekan lalu. Antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar physical distancing di antara para pengguna tetap terjaga.
"Stasiun-stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor (6.719 pengguna, naik 20 % dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bekasi (3.817 pengguna, naik 6%), dan Stasiun Depok (3.312 pengguna, naik 10%)," ujar Anne melalui keterangan tertulisnya Senin (12/10).
Meskipun demikian, lanjut Anne, beberapa stasiun mencatat jumlah pengguna turun, misalnya Stasiun Rangkasbitung yang berjumlah 2.262 pengguna atau turun lima persen.
Ia menambahkan, tren volume pengguna pada pagi ini (Senin 12 Oktober 2020) juga menjadi salah satu pertimbangan KCI dalam mengevaluasi rencana pola operasi perjalanan KRL pada masa PSBB Transisi kali ini.
ADVERTISEMENT
"Jika dianggap perlu perpanjangan jam operasional KRL, maka KCI akan menginformasikan perubahan tersebut secepatnya," lanjutnya.
Anne mengatakan, pada hari pertama PSB Transisi, PT KCI mengoperasikan 933 perjalanan KRL setiap harinya dengan 91 rangkaian kereta dengan protokol kesehatan.
KCI masih mengevaluasi perjalanan KRL setelah wilayah DKI Jakarta kembali memasuki masa PSBB Transisi dan transportasi publik dapat beroperasi dengan jam operasional yang lebih leluasa.