News
·
21 Juli 2020 16:26

Penyelenggara Pilkada di Jabar Telah Terima APD dan Ikut Rapid Test

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyelenggara Pilkada di Jabar Telah Terima APD dan Ikut Rapid Test (33754)
Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok memastikan Jabar siap melaksanakan pilkada pada 9 Desember mendatang meski pandemi corona saat ini belum usai. Ada delapan kabupaten dan kota di Jabar yang akan mengikuti pilkada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Rifqi mengatakan, kesiapan yang dimaksud di antaranya berkaitan dengan kesiapan penyelenggaraan. Saat ini, kata dia, tercatat ada 40 orang komisioner di delapan kota dan kabupaten, 1.155 PPK, 6.447 PPS, dan 33.300 PPDP.
Dia menyebut, seluruh penyelenggara pemilihan dipastikan sudah menjalani rapid test dan alat pelindung diri atau APD pun sudah diterima.
"Semua personel penyelenggara pemilihan sudah dilakukan rapid test semuanya dan APD sudah diterima sehingga kami sudah menyatakan kesiapan dari sisi personel," kata dia melalui meeting zoom, Selasa (21/7).
Rifqi menambahkan, tes kepada penyelenggara dilakukan agar pilkada berlangsung aman. Selain itu, tes dilakukan juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang kini sedang berupaya menangani pandemi.
Maka dari itu, dia memastikan, protokol kesehatan sudah siap diterapkan. Akan tetapi, dia tak menyebut ada atau tidak penyelenggara yang reaktif hasil dari rapid test.
ADVERTISEMENT
"Kami sudah melakukan rapid test untuk membantu pemerintah juga dalam konteks mencegah sebaran virus corona, jadi kita sudah pastikan kesiapan protokol corona sudah dilakukan," ucap dia.
Penyelenggara Pilkada di Jabar Telah Terima APD dan Ikut Rapid Test (33755)
Ilustrasi: Petugas kesehatan mengambil sampel darah saat drive thru rapid test COVID-19 di Itenas, Jawa Barat, Kamis (18/6). Foto: M Agung Rajasa/ ANTARA FOTO
Adapun agar protokol kesehatan bisa dijalankan dengan maksimal, kata Rifqi, pihaknya juga menjalin koordinasi dengan gugus tugas di delapan kabupaten dan kota. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan kepolisian. Dia berharap berbagai pihak di Jabar dapat mendukung kegiatan pilkada sehingga dapat berjalan dengan aman, dan sehat.
"Kita sudah melakukan kerja sama dan koordinasi dengan unsur kepolisian untuk bersama-sama bisa menjaga pelaksanaan pemilihan di Jabar ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," ungkap dia.
"Untuk itu, kami mohon dukungan dari semua pihak bahwa pelaksanaan pemilihan di Jabar bisa berjalan dengan berkualitas, sehat dan selamat," lanjut dia.
ADVERTISEMENT

Harapan Wagub Jabar

Sementara itu, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum berharap hajatan politik di Jabar itu dapat digelar sukses dan tak ada hal-hal yang tak diharapkan terutama berkaitan dengan COVID-19. Dia mengapresiasi kesiapan para penyelenggara untuk melaksanakan pemilihan tahun ini.
"Harapan pemilu di Jabar khususnya pemilu yang sukses tanpa ekses dan juga COVID-nya juga bisa diantisiapsi supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.
Adapun delapan kabupaten dan kota di Jabar yang akan melaksanakan pilkada pada 9 Desember 2020 yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona