kumparan
News17 Februari 2020 17:56

Perbaikan Wesel Rampung, Jadwal Kereta KRL Bekasi dan Bogor Kembali Normal

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi KRL-Commuter Line
Ilustrasi KRL. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
PT KAI Daop I Jakarta melakukan penggantian wesel 11A dan 21A di Stasiun Gambir sejak Kamis (13/2). Perbaikan wesel di Gambir itu tersebut diperkirakan selesai pada Senin (17/2), lebih awal dari jadwal sebelumnya tanggal 19 Februari 2020.
ADVERTISEMENT
Pekerjaan yang lebih cepat itu berpengaruh pada jadwal kereta KRL dari Bekasi dan Bogor ke arah Kota yang direkayasa sejak pekan lalu.
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa mengatakan, pihaknya bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menormalkan kembali perjalanan kereta rel listrik Commuter Line.
Terhitung, mulai hari ini, Senin (17/2) mulai pukul 15.00 WIB, PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menormalkan operasional KRL tanpa rekayasa operasi pada lintas Stasiun Manggarai-Jakarta Kota.
Artinya, seluruh perjalanan KA dari Cikarang atau Bekasi dan Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota dan sebaliknya, akan beroperasi normal.
Kereta Api Indonesia
Petugas perbaiki wesel pemindah jalur rel kereta Foto: Hendra Nurdiyansyah
Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, menjelaskan, perbaikan wesel di Stasiun Gambir saat ini memasuki tahap akhir. PT KAI akan memasang wesel-wesel baru tambahan untuk menyilang yakni wesel 11A1 dan 21A1.
ADVERTISEMENT
Rencananya, proses pemasangan wesel tersebut akan dilakukan Senin malam hari, saat operasional KA di lintasan tersebut sebelum jadwal operasional KA.
"Saat ini proses penggantian wesel Gambir telah mencapai tahap akhir, namun rekayasa pola operasi KRL lintas Stasiun Manggarai-Jakarta Kota sudah tidak diberlakukan meskipun jalur di Stasiun Gambir masih terdapat pengerjaan wesel menyilang," kata Dadan.
"Tahapan pekerjaan akhir di Gambir akan kami upayakan tidak berdampak pada operasional KA. PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas perjalanan KA yang sempat terdampak sekitar 4 hari kemarin," lanjut dia.
IIustrasi KRL-Commuter Line
IIustrasi KRL. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Rekayasa Jadwal Kereta 22 Februari
Sementara itu, penggantian 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota dijadwalkan selesai pada tanggal 23 Februari 2020. Rekayasa operasional KA akan diberlakukan satu hari pada Sabtu (22/2).
ADVERTISEMENT
Di tanggal itu, perbaikan wesel akan berdampak pada 56 nomor KA. Rinciannya rekayasa operasi 34 perjalanan dan 22 KA akan dibatalkan perjalanannya.
Hingga tanggal 23 Februari 2020, ada dua wesel yang diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.
Sejak dioperasikan pertama kali unit wesel di emplasemen Gambir (±28 tahun) dan Jakarta Kota (±50 tahun) belum pernah dilakukan penggantian.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan